Tutorial Cara Cek Nilai Atau Score SEO Halaman Situs Blog

11:36 AM
cara-cek-score-kualitas-seo-situs-blog
Cara Mengecek SEO Score Situs Blog - Seperti yang kita tahu bahwa sebuah situs atau blog perlu dilakukan optimasi agar bisa bersaing dengan situs blog lain di search engine. Faktor seo memang penting, untuk itu anda perlu mengecek apakah blog anda telah memiliki nilai  atau kualitas skor seo yang cukup?

Untuk melihat berapa nilai persentasi seo dalam blog anda, sebenarnya mudah saja, cara praktisnya anda bisa menggunakan situs yang memiliki fitur SEO page checker. Saat ini sudah terbilang banyak situs yang bisa melakukannya.

Beberapa situs di bawah ini saya rekomendasikan, situs-situs website ini dapat anda gunakan untuk menilai seberapa lengkap skor atau nilai search engine optimization yang anda punya dalam blog anda.

Anda bisa menggunakan salah satu, atau menggunakan semuanya untuk membandingkannya. Tetapi dalam tutorial kali ini, saya akan mempraktekannya dengan menggunakan chkme.com, karena lebih simple dan sering digunakan pula. Mari kita mulai.

1. Buka situs chkme.com

2. Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
cara-analisa-seo-dalam-blog
Tampilan awal situs chkme

3. Masukkan url domain situs blog anda (tanpa http) ke dalam kolom yang saya beri kotak hijau seperti gambar dibawah ini.
cara-mengecek-nilai-skor-seo-blog
Masukkan url page blog anda

4. Tunggu sesaat, proses pengecekan sedang berlangsung, biasanya tidak akan lama.

5. Seketika akan ditampilkan apa saja faktor penentu dan data informasi dalam blog anda.
cara-melihat-skore-seo-halaman-situs
Data dan Hasil Score SEO Blog Anda

Dalam situs ini anda akan diberi tahu mengenai hal-hal berikut :
  • Nama blog dan URL blog anda.
  • Penggunaan Heading H1,H2 dan H3
  • Deskripsi blog anda
  • Keywords blog anda
  • Penggunaan Gambar Bergerak / Animasi GIF
  • Iframes : Merupakan istilah untuk menampilkan page dari tempat lain dalam satu page sekaligus, seperti video youtube dalam artikel.
  • Link-link yang ada di website atau blog anda
  • Penggunaan gambar tanpa deskripsi
  • Penggunaaan gambar tanpa judul
  • Score persentase SEO keseluruhan di halaman tersebut

Harap diketahui bahwa setiap situs cek score seo situs ini memiliki penilaian yang berbeda-beda, jadi anda jangan kaget jika di situs A skor anda tinggi, namun jika anda cek di situs B maka scorenya rendah. Tak hanya skor saja, data yang akan ditampilkannya pun berbeda, ada yang standar, dan ada juga yang rumit.

Selain mengecek halaman homepage (beranda) situs blog anda, cara ini juga bisa anda lakukan untuk mengecek seberapa besar nilai seo yang anda miliki dalam artikel-artikel secara individu.

Baca Juga Artikel Ketik Dunia Lainnya :
  1. Cara Melakukan Ping Situs Blog
  1. 5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Mempromosikan Blog
  1. Tips Cara Menemukan Inspirasi Membuat Artikel

Sekian pembahasan Ketik Dunia mengenai "Tutorial Cara Cek Score SEO Situs Blog" ini, saya harap dapat membantu anda. Berapapun tingginya nilai persentase yang anda miliki, jangan lupakan bahwa kontenlah yang menjadi kunci utamanya. Terima kasih dan salam Ketik Dunia.
Previous
Next Post »

2 comments