5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Promosi Blog Agar Lebih Memaksimalkan Respon Pengunjung

10:36 AM
tips-promosi-blog
Lakukan Hal Berikut Ini Sebelum Mempromosikan Blog Anda - Blog baru anda telah menerbitkan beberapa artikel, setelah itu anda langsung mempromosikan blog anda di berbagai media seperti facebook, twitter, forum-forum, bahkan sampai membicarakannya kepada teman-teman anda. Anehnya, tidak ada peningkatan traffic yang signifikan atau respon seperti komentar dari orang lain.

Apakah yang salah? Sejujurnya, blog yang siap bukanlah blog yang hanya berisi artikel-artikel semata, melainkan memerhatikan kualitas dan keinginan konsumen (pengunjung) adalah kuncinya. Serta tak lupa menambahkan fitur yang dapat memberikan efek positif ke dalam blog anda adalah tambahan yang harus anda lakukan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan gambaran besar mengenai blog yang siap publish dan ready untuk dilaksanakan promosi di berbagai media. Semua poin di bawah ini mayoritas dari pengalaman saya melakukan uji coba atau eksperiment, dan juga riset terhadap blog-blog yang sudah memiliki nama. Mari kita mulai bahasannya.

1. Tampilan Nyaman dan Profesional


Tampilan adalah salah satu faktor utama yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Jika tampilan anda menggunakan warna yang mencolok, warna yang terlalu kontras, serta banyak widget menganggu, saya rasa semua orang tidak akan sanggup untuk bertahan di blog tersebut.

Kebanyakan pengunjung sebenarnya tidak akan terlalu peduli terhadap rincian desain tampilan anda, selama mata mereka bisa menerima, pengunjung hanya akan berfokus kepada artikel yang disajikan, kembali ke tujuan utama pengunjung itu sendiri, apakah mereka mengunjungi suatu blog untuk keperluan informasi? Atau untuk melihat-lihat seluruh detail blog?

Untuk itu, pemilihan template harus dipikirkan kembali, memang hiasan itu perlu, tetapi sewajarnya saja. Beda halnya dengan suatu situs yang memiliki fungsi tertentu, untuk urusan blog, beberapa hal yang harus ditinjau dalam sebuah tampilan adalah :
  • Pemilihan warna tema yang apik
  • Bentuk Layout template yang mudah dipahami
  • Pemasangan widget yang tepat

Intinya sebelum anda mempromosikan blog, persiapkan tampilan sudah benar-benar baik di mata pengunjung dan terlihat profesional, itu akan memberikan first impression (kesan pertama) yang baik sebelum pengunjung membaca artikel.


2. Banyak Konten Menarik


Jangan melakukan promosi terlalu sering jika artikel di blog anda masih bisa dihitung oleh jari tangan. Mengapa? Karena nantinya tidak akan berpengaruh dampak yang besar terhadap traffic pengunjungan. Contohnya, jika artikel di blog anda hanya ada 5 buah, kemungkinan orang hanya akan melihat sekitar 1 sampai 3 artikel saja, selain itu pengunjung akan menilai blog tersebut masih belum matang.

Selain jumlahnya, memerhatikan konten benar-benar menarik adalah suatu keharusan. Pengunjung tidak akan tertarik pada artikel yang memiliki bahasan biasa saja. Perhatikan beberapa poin berikut agar konten memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca atau pengunjung :

Konten memiliki bahasan yang pas dan sesuai dengan tempat anda melakukan promosi

Misalnya anda melakukan promosi di forum mengenai tips dan trik menulis artikel, pastikan anda menulis topik artikel dengan bahasan yang serupa.

Konten original dan tidak dapat ditemukan di blog lain

Percuma saja jika bahasan dalam artikel anda sama persis atau hampir sama dengan bahasan orang lain, karena kemungkinan artikel kita tidak tampil di page one search engine, maka kecil untuk kesempatan mendapatkan pengunjung lebih.

Konten memuaskan para pengunjung

Orang tertarik mengklik suatu link artikel karena melihat judul atau headline-nya, nah oleh sebab itu pastikan isi dari artikel anda sesuai dengan apa yang ditawarkan dalam judulnya, kalau bisa beri lebih dari apa yang dibayangkan oleh visitor.


3. Artikel Nyaman Untuk Dibaca


Bagaimana kita bisa mempromosikan blog kita jika artikelnya saja sulit dibaca oleh orang-orang? Berkaitan dengan tips nomor 1 di atas, selain tampilan dari bentuk dan warna blog secara keseluruhan, lihat pula apakah artikel anda nyaman jika dibaca lama-lama oleh pengunjung?

Tipsnya, sering-sering melihat bagaimana bentuk artikel yang disajikan oleh blog-blog populer atau yang memiliki reputasi tinggi sebagai panutan. Biasanya untuk memastikan konten artikel sudah baik atau tidak adalah dengan memperhatikan faktor-faktor berikut ini :
  • Penggunaan font yang cocok untuk penulisan panjang.
  • Bahasan yang padat informasi dan tidak berbelit-belit.
  • Bentuk penulisan seperti pembagian paragraf.
  • Penggunaan tanda baca serta simbol yang pas.
  • Penggunaan heading dan sub heading yang sesuai dengan tempatnya.
  • Memasang gambar yang dapat mendukung pembahasan.


Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel Tips Menulis Artikel yang Nyaman dibaca oleh Pengunjung yang pernah saya post sebelumnya.


4. Pasang Widget Agar Pengunjung Menjadi Subscriber


Jika anda bertanya widget apa yang baik untuk di pasang dalam blog anda, salah satu jawabannya adalah widget subscribe. Fungsi dari widget ini adalah untuk memberikan notifikasi update artikel terbaru kepada pengunjung yang melakukan subscribe atau berlangganan di blog yang anda miliki.

Widget ini sering dipakai oleh blogger profesional untuk memaksimalkan traffic dalam blog mereka, karena mereka mendapat pengunjung yang sudah berlangganan. Jika kita istilahkan blognya sudah mempunyai fans tersendiri.

Dan biasanya anda akan melihat widget ini dengan bertuliskan, "Silahkan masukan email anda untuk mendapatkan pemberitahuan update terbaru di blog kami". Mungkin ada sedikit perbedaan antara blog lainnya, namun bentuk umumnya hanya mengajak pengunjung untuk melakukan subscribe (berlangganan).


5. Pasang Widget Like dan Share Sosial Media


Selain widget subscribe tadi, ada juga widget lain yang tak kalah pentingnya untuk dipasang dalam sebuah blog, yaitu widget like dan share sosial media. Widget ini berfungsi agar orang lain bisa memberikan respon selain komentar, seperti like atau share artikel tersebut.

Mengapa hal ini sangat penting? Bukankah kita menginginkan blog dengan pengunjung yang banyak? Nah dengan widget ini, blog anda akan terpromosikan oleh pengunjung yang melakukan share, ibarat mendapatkan agen marketing gratis, blog anda dipromosikan oleh orang lain secara cuma-cuma karena apresiasi mereka terhadap anda yang memberikan informasi mengenai suatu hal yang bermanfaat bagi mereka.


Kesimpulan Sebelum Melakukan Promosi Blog


Jika kita rangkum semua hal di atas yang telah dibahas, maka hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi blog ke media lain adalah melakukan pengecekan apakah blog benar-benar siap untuk dikonsumsi orang banyak atau belum. Memastikan setiap detail dalam kondisi yang baik dari tampilan sampai isi konten, di sini kita benar-benar menyajikan pelayanan yang sempurna, agar pengunjung puas dan memberikan respon yang diharapkan.

Artikel demi artikel dijelajahi, memberikan komentar, memberikan like, melakukan subscribe dan ikut share artikel di sosial media adalah respon-respon yang diharapkan pembuat blog atau blogger. Tetapi kembali ke basic, orang memberi karena menerima, hal ini yang disebut dengan "Take and Gift". Maka berilah apa yang mereka inginkan, sehingga anda memiliki persentase yang besar terhadap apa yang bisa mereka lakukan untuk timbal balik.

Sekarang.apakah anda yakin blog anda sudah siap melakukan hukum "Take and Gift" tersebut? Jika belum, mari langsung beraksi dengan melakukan perbaikan-perbaikan penting sebelum melakukan aksi promosi. Sekian artikel Tips Hal-Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Mempromosikan Blog ini, Saya harap artikel ini dapat membantu permasalahan para blogger khususnya anda yang masih pemula. Salam Ketik Dunia.
Previous
Next Post »

1 comment