7 Tips Cara Membuat Artikel Yang Nyaman Dibaca Pengunjung

1:14 PM
cara-membuat-artikel-yang-bagus
Tips Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Nyaman dibaca - Aktivitas manusia saat ini tidak henti-hentinya dengan membaca, entah itu membaca teks di televisi, koran, chatting, dan tentu saja artikel dalam media internet.

Ketika seseorang membaca sebuah artikel di internet, pasti mereka sedang mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dari awalnya mengetik di kolom search engine seperti google, lalu menemukan beberapa judul yang sesuai, setelah itu mengklik suatu judul yang menurut mereka meyakinkan.

Namun hanya beberapa detik saja mereka berhenti membaca dan minggat dari situs atau blog tersebut, waduh .. Apa yang terjadi? Setelah dilihat, ternyata tulisan yang ada di artikel tersebut benar-benar tidak nyaman untuk dibaca.

Lantas apa sajakah yang membuat suatu artikel tidak nyaman dibaca? Dan bagaimana cara membuat artikel yang dapat membuat para pengunjung atau pembaca puas? Oke kalau begitu saya akan memberi tahu anda mengenai poin-poin penting dalam penulisan artikel yang seharusnya jangan anda lewatkan, karena ini benar-benar akan berdampak pada para visitor di blog anda, ini poin-poin tersebut.

1. Gunakan Tipe Font Yang Nyaman

tips-menulis-artikel-yang-nyaman-dibaca

Ada banyak sekali jenis atau tipe font di internet, dan masing-masing font tersebut nyatanya memiliki kegunaan khusus yang berbeda. Maka oleh sebab itu, ketahui masing-masing font fungsinya untuk apa, ada yang sekedar untuk desain semata, dan ada pula yang memang nyaman untuk dibaca.

Jangan mentang-mentang font itu unik dan bergaya kita memakainya untuk menulis artikel, karena ketika dilihat malah membuat pusing. Contoh font-font yang baik untuk ditulis artikel di antaranya yaitu Arial dan Times New Roman. Intinya bentuk font tersebut harus memiliki bentuk yang mudah dibaca dengan cepat.


2. Perhatikan Pula Warna Font Tersebut

cara-membuat-artikel-yang-baik

Biasanya warna font disesuaikan pula dengan warna tema blog, namun seharusnya warna font disesuaikan dengan kemampuan mata itu sendiri. Hindari warna yang mencolok. Warna hitam atau putih pudar (blog yang memiliki background hitam) akan lebih baik.

Bukan tentang desain warna-warni, tetapi aturan formal, karena pada dasarnya sebuah blog dibuat untuk dibaca dengan cepat, bukan untuk dilihat desainnya yang rumit.


3. Menulis Artikel Harus Rapih

tips-membuat-artikel-blog-yang-nyaman-baik

Setelah mengetahui font yang baik, sekarang perhatikan pula format penulisan dalam artikel, akan lebih baik dan rapih jika menulisannya dengan aturan paragraf rata kiri-kanan atau biasa disebut dengan justify, dan paragraf pun harus memiliki komposisi yang pas antara satu paragraf dengan paragraf lainnya.

Selain itu penting pula mengetahui tentang penulisan dengan tata bahasa, jika di Indonesia yaitu Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Dan juga, perhatikan ketentuan formatting pada bagian yang patut untuk H1, H2, dan H3 (Untuk heading dan sub heading). Karena dengan begini artikel akan nyaman dipandang dan terlihat lebih profesional.


4. Gunakan Kata-Kata yang Umum Agar dimengerti

contoh-artikel-yang-baik

Tidak semua orang merupakan pembaca yang rutin mengikuti perkembangan tentang suatu bahasan, dan malah ada juga orang yang hanya sesekali membaca artikel yang dibutuhkan saja. Nah oleh sebab itu, jangan menggunakan kata-kata yang terlalu sulit dimengerti orang awam.

Jangan pula menggunakan peristilahan yang hanya sedikit dipahami orang, anggaplah pembaca artikelmu merupakan orang baru yang pertama kali membaca artikel, buat mereka puas dengan rangkaian kata yang gampang dimengerti.


5. Gunakan Gambar Pendukung

cara-membuat-artikel-blog

Akan lebih nyaman bagi pembaca artikel, jika suatu tulisan ditambah dengan gambar-gambar. Selain agar tidak membuat pembaca jenuh, hal ini juga akan membuat artikelmu lebih mudah dimengerti karena dibubuhi dengan visual penggambaran, tambahkanlah gambar seperti ilustrasi yang sesuai dengan bahasan artikelmu, jika artikelmu merupakan tutorial (Mengajarkan suatu hal), beri gambar yang jelas pada setiap langkahnya.


6. Jangan Buat Pusing Pembaca

ketik-dunia-cara-membuat-artikel-blog-yang-baik

Tujuan pengunjung membaca artikel adalah mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginannya, jangan buat pusing mereka dengan penjelasan bertele-tele yang malah tidak masuk topik bahasan.

Memang ada penulis yang menargetkan suatu artikel berjumlah beberapa ratus kata, tetapi kalau malah membuat pembaca tidak puas, hal ini malah akan membuat mereka enggan membaca lebih lanjut. Buatlah artikelmu To The Point (langsung ke topik), padat (banyak informasi yang dibutuhkan), dan jelas (sampai ke otak pembaca).


7. Baca Kembali Artikel Sebelum dipublish

tips-membuat-artiikel-untuk-blogger-pemula

Setelah anda selesai menulis artikel, harap jangan terlebih dahulu dipublish (diposting atau disebarluaskan), karena bisa saja ada kesalahan menulis seperti typo (huruf yang terbalik) dan juga pemilihan kata (diksi) yang tidak sesuai, tak lupa pula penempatan gambar yang pas.

Selain itu, dengan anda membaca kembali artikel, seolah-olah anda bersimulasi ketika pengunjung membaca artikel anda. Harap jangan terburu-terburu dalam membuat sebuah artikel, karena kualitas akan terlihat jelas pada tulisan yang benar-benar sempurna.


Itulah beberapa poin tentang Tips Cara Membuat Artikel Blog yang Enak dan Nyaman dibaca oleh Pengunjung. Buatlah para pembaca artikel anda puas dengan hasil tulisan anda, buat suatu identitas untuk blog anda di mana blog anda berisi artikel-artikel yang berkualitas dan tidak membuat ragu untuk orang lain mengklik serta membacanya sampai tuntas. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, jangan sungkan untuk berkomentar dan share artikel ini. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar