Ingin Membuat Blog Gado-Gado? Baca Dahulu Tips Berikut Agar General Blog Anda Lebih Sukses

10:45 AM
tips-membuat-blog-gado-gado-atau-general-blog
Tips Membuat General Blog - Blog gado-gado atau general blog adalah salah satu bentuk blog yang memiliki tema topik yang beragam. Kelebihan dari blog ini bagi penulisnya yaitu tidak terikat suatu niche, sehingga bisa lebih bebas memposting apa yang dia inginkan saat itu juga.

Kelebihannya bagi pengunjung, mereka bisa menemukan informasi menarik tanpa harus melakukan pencarian di search engine lagi, karena sudah tersedia di blog tersebut.

Tetapi tentu saja bentuk blog gado-gado seperti ini belum tentu akan berhasil jika anda tidak memperhatikan hal-hal pentingnya. Apa saja hal yang harus anda perhatikan untuk membuat blog gado-gado yang lebih baik? Berikut ini Ketik Dunia akan membahas mengenai 5 Tips Utama Membuat Blog Gado-Gado yang Lebih Berhasil.

1. Jangan Terlalu Serakah Topik


Meski bisa dibilang bebas untuk menentukan topik, usahakan anda tidak memasukan terlalu banyak bahasan yang jauh. Hal ini bertujuan agar anda tidak terlalu pusing mengurus satu per satu topik yang harus dikembangkan nantinya.

Jika anda mampu fokus kepada semua topik tentu tidak akan menjadi masalah, tetapi jika suatu saat anda merasa terblock, saya takutkan nantinya blog anda menjadi tidak karuan dengan artikel-artikel yang tidak menentu.


2. Pastikan Konten General Blog Anda Benar-Benar Menarik


Memang sudah menjadi hukum dasar seorang blogger untuk membuat konten yang menarik, tetapi jika dalam kasus blog dengan topik campuran ini, setiap topik artikel pastikan benar-benar memiliki kekuatan yang dapat menarik pembaca.

Dengan begitu, meskipun pada awalnya pengunjung tersebut membaca topik artikel lain, kemungkinan mereka akan menjelajahi setiap artikel yang ada dalam blog anda. Untuk itulah, sering-sering update perkembangan yang sedang ngetrend saat ini, sehingga kemungkinan bisa jadi bahan materi yang segar untuk blog gado-gado anda. 

Baca Juga : 5 Tipe Artikel Blog yang Patut Anda Coba


3. Jangan Terlalu Spesifik Antara Topik Satu dengan Topik Lainnya


Maksudnya, meski blog gado-gado sifatnya tidak mengikat suatu niche, usahakan topik-topik yang anda sajikan bisa diterima hampir di semua kalangan, sehingga akan memperbesar tingkat penayangan dan seluruh artikel yang anda buat tidak akan sia-sia.

Misalnya jika anda membahas mengenai ilmu komputer, akan lebih baik juga untuk membahas ilmu internet, android, dan games serta kalau boleh informasi menarik mengenai pendiri perusahaan teknologi ternama. Nah, ketika anda akan membuat topik baru yang sedikit berbeda, akan lebih baik jika menambahkan niche bisnis dan lifestyle karena sedikit lebih relevan dengan bahasan-bahasan yang ada, serta lebih mudah diterima pengunjung.


4. Atur Masing-Masing Topik Dalam Label yang Rapih


Setiap topik yang berbeda, harap pisahkan ke dalam label atau kategori yang berbeda pula. Sehingga anda akan lebih mudah mengatur setiap bagiannya, hal ini juga akan membuat pengunjung lebih nyaman. Ketika mereka hanya ingin membaca topik tertentu, mereka bisa memilih salah satu kategori tersebut.


5. Pasang Widget Related Post


Daripada memasang widget recent post (menampilkan artikel terbaru), alangkah lebih baik jika anda memasang widget related post di dalam blog gado-gado anda. Jika anda belum tahu, widget related post berfungsi untuk menampilkan atau menawarkan postingan-postingan yang topik bahasannya serupa dengan yang sedang pengunjung baca saat itu.

Jadi widget ini akan menyesuaikan apa saja postingan yang perlu dipromosikan saat itu juga, hal seperti ini akan lebih memanjakan pengunjung, mereka tidak perlu repot-repot untuk mengklik kategori yang serupa, serta dengan ini artikel-artikel lama anda akan lebih bisa terekspos (terlihat dengan mudah).


Kesimpulan Tips Membuat Blog Gado-Gado


Jadi apa garis besar dalam pembahasan kali ini? yaitu anda harus memaksimalkan setiap hal yang ada dalam blog anda agar hasilnya juga lebih maksimal, mulai dari pemilihan topik yang tidak terlalu berbeda jauh, pengaturan dan pembagian topik yang rapih, memastikan konten menarik dan memasang widget yang lebih berguna untuk pengunjung.

Tetapi, ada juga blog gado-gado (general blog) yang benar-benar membahas segala rupa yang ada, topik yang disampaikannya pun benar-benar berjauhan, tentu itu tidak akan menjadi masalah, hanya saja saya pikir diperlukan usaha yang lebih ekstra agar semua artikel bisa memiliki tingkat penayangan yang lebih maksimal.

Jika anda masih ragu mengenai blog gado-gado, silahkan baca artikel 5 Fakta Blog Gado-Gado dari Uji Coba yang telah saya posting sebelumnya, saya harap dapat menambah ilmu pengetahuan anda mengenai bentuk general blog lebih dalam.

Sekian pembahasan Ketik Dunia mengenai "Tips Membuat Blog Gado-Gado atau General Blog". Semoga bermanfaat untuk anda, jangan sungkan untuk berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan, jika berkenan silahkan share artikel ini. Salam Ketik Dunia.
Previous
Next Post »
0 Komentar