Bingung Memilih Niche Blog? Ketahui Tips Utama Memilih Niche Blog yang Ampuh Ini

11:14 AM
cara-tepat-memilih-niche-untuk-blog
Cara Memilih Niche Blog yang Tepat - Untuk menjadi seorang blogger memanglah banyak rintangan juga tantangan di dalamnya, bahkan ketika kita akan membuat blog yang pertama kali atau ketika ingin membuat blog yang baru, kita menemukan masalah, diantaranya yaitu memilih niche blog yang akan kita pakai. Niche atau tema, memang seringkali membuat pusing, ibarat ketika kita akan kuliah dan ingin memasuki jurusan, karena dalam blog juga diperlukan tujuan yang jelas.

Niche ini yang nantinya akan dipakai oleh para blogger sebagai panutan atau titik fokus untuk memilih topik artikel yang akan dibahas. Dan jika anda salah memilih niche blog, anda akan sedikit dipusingkan dalam pembuatan artikel, terlebih jika anda ingin membuat artikel yang berbeda dari artikel yang sudah ada kebanyakan. Nah untuk itu, saya akan memberi sedikit solusi untuk masalah ini. Berikut ini ada beberapa tips utama yang bisa anda pikirkan agar anda tidak salah ketika akan memilih niche blog.


1. Sesuaikan Dengan Minat atau Passion


Hal utama yang bisa anda lakukan untuk memilih niche blog adalah dengan menyesuaikannya dengan minat atau passion anda. Karena kita sendiri tahu bahwa segala hal yang dilakukan berdasarkan minat akan berjalan lebih menyenangkan dan tidak terlalu terasa akan segala hambatan, itu karena kita menjalani dengan enjoy dan tanpa paksaan, semua mengalir karena niat "Aku Suka Ini".

Bagaimana anda mengetahui minat dan passion anda? Coba renungkan, hobi atau aktivitas apa yang sering anda lakukan dan pelajari, dan ketika anda mengalami banyak masalah serta kesulitan, hal itu malah membuat anda lebih semangat untuk menjadi lebih tahu dan bisa. Mari kita buat contoh.

Misal anda adalah seseorang yang sehari-harinya bermain games, entah itu playstation, android, atau game pc pun anda sering memainkannya tanpa henti-hentinya. Lalu anda tanya kenapa anda sering memainkan games dibandingkan melakukan aktivitas lainnya seperti menggambar atau membuat desain-desain? Pasti anda akan menjawab karena anda lebih menikmati bermain games bukan? Dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa games adalah salah satu minat anda.

Setelah kita mengetahui minat, apa hal yang kita lakukan selanjutnya? Bukan langsung terjun menulis artikel, melainkan melakukan riset mengenai apa saja artikel-artikel yang ada di internet yang bersangkutan dengan minat anda. Kita ambil contoh sebelumnya yaitu games, di luar sana banyak artikel yang membahas mengenai game seperti review dari suatu gim, atau membuat tutorial, tips dan trik bermain game, atau bahkan memberi informasi mengenai update game tersebut yang ada.

Nah dari situ anda pun bisa mengambil sampel, dan mencoba membuat artikel yang serupa, akan tetapi buat dengan gaya anda sendiri berdasarkan apa yang telah anda mainkan games-games yang ada (berdasarkan contoh tadi). Saya yakin hal ini akan membuat anda lebih bersemangat dan tidak terbebani ketika menulis artikel, karena ini adalah hal yang anda suka, ketika menjelaskannya lewat tulisan pun anda tidak kebingungan.


2. Pilih Topik Apa yang Anda Pahami


Selain berdasarkan minat, memilih niche blog juga bisa didasari dari hal-hal yang anda ketahui dan pahami. Lantas apa perbedaanya? Jika berdasarkan minat anda melakukannya karena memang menyukainnya dan mungkin dasarnya anda belum banyak tahu, namun jika dalam hal "yang sudah anda pahami" anda menuliskannya karena memang paham meski anda sendiri tidak terlalu menyukai hal tersebut. Apakah anda bingung? Mari kita buat contoh lagi agar lebih jelas.

Kita buat contoh anda adalah seorang pelajar SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Mungkin diantara anda ada yang tidak menyukai hal tersebut, tetapi karena anda bersekolah dan mempelajari mengenai komputer dan jaringan itu anda menjadi tahu serta paham akan apa saja yang ada dalam bahasan-bahasannya, dan kita bisa memanfaatkannya untuk dituangkan ke dalam artikel-artikel di blog yang anda akan buat nanti.

Dan untuk informasi, bahasan mengenai teknik komputer dan jaringan adalah topik yang cukup sering dan banyak orang cari, bukan hanya untuk para pelajar yang mengambil jurusan yang sama sebagai bahan materi di sekolahnya nanti, akan tetapi orang-orang yang notebene nya bukan jurusan yang teknik komputer jaringanpun akan membutuhkannya.

Itulah yang saya maksud memilih niche blog berdasarkan dari yang anda pahami, meski anda tidak menyukainya bukan berarti tidak bisa dijadikan pilihan sebagai bahan materi di blog. Tetapi bagaimana jika anda paham plus anda pun menyukainnya? Semua akan benar-benar lancar serta nikmat sekali.


3. Memilih Niche Berdasarkan Statistik Terbanyak


Ada satu hal yang bisa anda jadikan panutan ketika akan memilih niche blog, yaitu berdasarkan statistik terbanyak yang terjadi saat ini. Statistik adalah perhitungan perbandingan antara satu dengan yang lainnya, dan jika kita maksud adalah niche blog, yaitu niche apa yang paling banyak orang cari dan butuhkan saat ini.

Untuk mengetahui apa yang paling banyak orang butuhkan, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan, diantaranya :

Melihat kejadian di sekitar anda


Lihatlah apa yang sedang booming dan trend saat ini di sekitar lingkungan anda, bukan hanya tempat tinggal anda, melainkan yang sering diberitakan di internet (Sosial media dan situs berita) atau TV, disitu anda akan tahu apa yang orang butuhkan dan mereka cari informasinya.

Menggunakan Tools Google Trends


Jika anda memang terfokus kepada google dan apa yang terjadi secara global (mendunia) maupun dalam negeri. Anda bisa menggunakan salah satu tool dari google yaitu google trends. Tool ini akan memberi informasi kepada anda mengenai apa yang sering orang cari, baca serta bahasan yang ada melalui google.

Blogwalking


Blogwalking adalah kegiatan menjelajahi berbagai macam blog untuk sekedar melihat-lihat (berkunjung) atau membaca artikel untuk keperluan informasi. Jika anda menemukan banyak blog dengan bahasan topik artikel yang serupa, berarti itu yang memang banyak orang butuhkan. Mengapa? Karena banyak orang lebih berpengalaman dalam hal blogging, dan mereka membuat artikel sesuai dengan pasar yang tinggi, kita bisa mengambil ide mereka, ingat metode ATM (Amati - Tiru - Modifikasi).

Jadi itulah hal yang anda bisa lakukan untuk memilih niche blog, semua tergantung kembali kepada anda sebagai blogger karena jalan ada di tangan anda sendiri. Semua orang mempunyai caranya masing-masing, anda mungkin tidak perlu mengikuti setiap hal secara persis, seperti apa yang baru saya sebutkan yaitu ATM atau amati lalu tiru setelah itu modifikasi agar semua menjadi gaya khas anda dan membuat personality yang berbeda. Sekian artikel cara memilih niche blog, semoga bermanfaat untuk anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar