Bingung Memilih Niche Untuk Blog Anda? Inilah 10 Pilihan Niche Blog yang Banyak Disukai Orang

12:17 PM
daftar-niche-terbaik-untuk-blog
Daftar Niche Paling Menarik - Niche atau topik atau tema sangat berkaitan erat dengan blog, karena blog berisi artikel yang membahas suatu hal, dan suatu hal tersebut yang termasuk ke dalam topik. Dan ada banyak sekali niche blog saat ini, tentu saja karena kebutuhan dan kesukaan orang yang berbeda-beda.

Untuk anda blogger pemula atau blogger yang baru akan merencanakan membangun sebuah blog, berikut ini ada beberapa tema atau niche yang patut anda coba terlebih dahulu.

Pilihan niche ini bersifat optional, jadi tidak memaksakan apapun yang ingin anda pilih. Niche atau tema topik blog di bawah ini sudah saya coba urutkan serta dibandingkan, mulai dari banyak orang yang mencari bahkan menyukainya,  yaitu :

1. Blog Tema Teknologi


Orang yang menyukai teknologi tentu saja akan berkaitan erat dengan internet, jika beberapa tahun sebelumnya orang-orang bisa membaca majalah atau buku mengenai komputer atau teknologi lainnya, namun saat ini orang lebih memilih untuk mencari di internet segala hal tentang informasi teknologi yang dibutuhkannya karena perkembangannya yang lebih terupdate alias terbaru, serta lebih mudah mendapatkannya. 

Beberapa topik yang berkaitan dengan teknologi diantaranya mengenai komputer, jaringan, smartphone seperti android, software, aplikasi dan produk teknologi lainnya seperti smartwatch. Teknologi merupakan bahasan yang tidak akan pernah habis karena selalu berkembang setiap harinya. Menurut saya niche teknologi merupakan posisi tertinggi, karena mau tidak mau orang-orang akan mempelajari ini untuk kebutuhannya di zaman sekarang. Ini benar-benar sangat saya rekomendasikan untuk anda yang akan memulai blog pertama kali, karena bahan materi tersebar luas dan tingkat pencarian pun terbilang sangat tinggi.


2. Blog Tentang Lifestyle


Kehidupan manusia itu dinamis, artinya selalu bergerak dan berubah, itulah yang membuat gaya hidup merupakan bahasan yang menarik, karena semua orang punya gaya hidupnya masing-masing. Bahasan tentang gaya hidup meliputi tentang kesehatan, fashion, psikologi, motivasi dan segala hal tentang masalah dalam kehidupan seperti putus cinta atau stress, inilah lifestyle.

Nampaknya untuk membuat blog dengan niche lifestyle tidaklah terlalu sulit, karena pada dasarnya kita sendiripun sering mengalami hal ini di kehidupan sehari-hari, anda hanya tinggal membuka pikiran dan mencari informasi yang lebih mengenai lifestyle agar penyampaian dalam artikel anda lebih luwes dan sesuai topik.


3. Niche Dunia Bisnis


Kita tahu bahwa semua orang membutuhkan uang, dan orang-orang rela bekerja untuk mendapatkannya, dan hal ini akan berujung pada topik bisnis. Niche bisnis atau segala hal cara mendapatkan uang merupakan informasi yang sering dicari oleh orang kebanyakan, bukan hanya orang dewasa, anak-anak bahkan remaja pun pasti penasaran dengan hal ini, karena meski mereka pada kenyataannya belum bekerja, mereka pasti mempunyai pemikiran bisnis, seperti banyak orang yang mengetikan "Cara mendapatkan uang di internet" di kolom search engine.

Namun tentu saja untuk memilih niche bisnis sebagai bahan artikel blog cukup sulit, karena perlu pengalaman dan pemahaman khusus agar bisa menjelaskannya secara rinci. Tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan, anda bisa menuliskan artikel-artikel yang sifatnya spesifik, seperti "cara mendapatkan uang dengan game online", pasti sekarang sudah banyak anak yang bermain game online, ini merupakan ide yang cukup bagus untuk dijadikan sebuah bahasan dalam artikel blog anda.


4. Blog Membahas Dunia Game


Setelah menyinggung kata "game", dunia game itu sendiri ternyata banyak sekali peminatnya, tidak hanya anak-anak dan remaja, orang dewasa pun tidak sedikit yang menyukai. Kita lihat perkembangan dunia game tidak hanya terjadi di luar negeri, di negeri kita pun kini sudah banyak developer game terkenal, dan ini membuat perkembangan game mempunyai arti.

Jika anda memilih niche game sebagai bahasan anda, pastikan anda sendiri tidak asing dengan hal-hal yang bersangkutan. Pembahasan dalam artikel itu sendiri bisa anda kembangkan, mulai dari review suatu game, menuliskan game terpopuler, sampai tips dan trik serta tutorial dari suatu game tersebut, dan game tidak hanya sedikit bukan? Sebut saja Playstation, Android, Game PC Online maupun Offline dan Virtual Reality.


5. Blog Tema Berita


Meski koran belum mati sepenuhnya, orang-orang yang haus akan berita terupdate lebih banyak memilih internet sebagai jalan utama. Begitu banyak bahasan yang bisa diambil dari tema berita, mulai dari suatu kasus kriminal, politik, entertainment artis-artis dan lainnya. Untuk anda yang memilih tipe blog seperti ini perlu rajin mengetahui segala perkembangan yang terjadi dan tentunya waktu yang terfokus karena pada kenyatannya situs berita sudah banyak yang mempunyai nama besar, hal ini sedikit susah untuk dikalahkan.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membuat berita yang terfokus, misalnya berita untuk dunia remaja saja, serta menggunakan gaya bahasa yang berciri khas. Dengan begitu anda tidak akan kewalahan dan juga berbeda dari blog berita lainnya. Ingat! Anda tidak perlu menjadi terbaik, menjadi beda adalah salah satu alternatif untuk membuat orang mengingat sesuatu, dan blog adalah salah satunya.


6. Blog Niche Download


Nah untuk yang satu ini pasti anda sering menemukannya bukan? Kebutuhan orang-orang akan suatu software, game atau file lainnya memang tinggi, dan ini membuat aktivitas internet tidak hanya untuk browsing, melainkan download adalah hal yang sering dilakukan pula. Dan memang kini sudah banyak pula situs atau blog yang memiliki niche seperti ini.

Sebenarnya blog seperti ini sedikit saya tidak rekomendasikan, karena banyak kasus blog yang kena banned karena hal ini. Tetapi karena kita membahas tingkat tingginya pencarian dan pengunjung, maka blog seperti patut anda coba, anda tinggal mencari cara bagaimana agar lebih aman saja seperti blog ternama dengan tema download.


7. Blog Membahas Dunia Kuliner


Siapa yang tidak suka makan? Karena makan adalah kebutuhan primer (utama) manusia, dan karena inilah sekarang dunia kuliner selalu berkembang, lihat saja di negeri kita ini, jika dahulu makanan begitu-begitu saja, kini kita bisa menemukan makanan khas dari negara lain menjamur di mana-mana, hal ini membuat orang-orang tidak awam dengan dunia kuliner. Sebut saja pizza, sushi, ramen dan lain-lain pasti mereka mengetahuinya.

Hal ini bisa kita manfaatkan untuk membuat blog bertema kuliner, anda bisa membuat artikel mengenai cara membuat masakan, review produk makanan, tips dan trik kesehatan dengan jus dan banyak lainnnya. Tentu saja niche ini mengharuskan anda untuk selalu mencari informasi dunia kuliner lebih banyak, dan mungkin sedikit mempraktekannya di rumah agar lebih paham.


8. Blog yang Membicarakan Fakta Unik


Sebenarnya topik ini bisa termasuk ke dalam bagian lifestyle, akan tetapi hal ini bisa kita buatkan tempat khusus berhubung tema seperti ini sifatnya lebih umum dan tidak terbatas. Lalu apa yang dimaksud blog yang membicarakan fakta unik? Fakta unik itu sendiri adalah hal yang jarang orang ketahui, jika divisualisasikan hal ini bisa membuat mereka manggut-manggut dan berdecak "Ohh...". Namun ingat, namanya juga fakta, tentu saja harus sesuai dengan kenyataan, jangan merekayasa semua hal tersebut.

Lantas apa hal yang bisa kita cari fakta uniknya? Ada sangat banyak objek yang bisa kita cari info menarik di dalamnya, Mulai dari artis-artis, produk teknologi seperti android bahkan sampai ke perusahaannya, bahkan fakta unik kesehatan pun lebih banyak menarik perhatian banyak orang. Berikut beberapa contoh judul artikel untuk blog tipe ini sebagai gambaran :

  • 10 Fakta Unik Tentang Anime Naruto
  • Fakta-Fakta Mengejutkan Orang Kidal
  • Hobi Minum Kopi? Ketahuilah 10 Fakta Tentang Kopi Berikut Ini


9. Blog Bertema Humor


Hiburan saat ini seolah menjadi kebutuhan penting untuk manusia, dan dari situ kita bisa memberikan layanan hiburan untuk mereka, yaitu blog yang berisikan artikel-artikel yang dapat membuat tersenyum bahkan tertawa, yaitu humor. Mengapa harus humor? Karena jika dibandingkan dengan yang lain, humor mempunyai penilaian yang lebih baik sebagai hiburan.

Anda bisa menulis cerita-cerita lucu, gambar-gambar meme, komik dan lainnya. Bahkan anda juga bisa menulis tentang cerita pengalaman kehidupan anda pribadi dengan memakai gaya yang penuh dengan sense of humor (perasaan melucu).


10. Blog Yang Berkaitan Dengan Dunia Sekolah


Coba anda tanya teman atau saudara anda yang masih sekolah, ketika mengerjakan tugas apakah mereka membuka internet? 70% bahkah lebih akan menjawab "ya". Mengapa? Karena dengan internet pengerjaan akan lebih cepat dan hal ini sebagai jalan lain karena tidak pembahasan lengkap dalam buku paket. Bahkan banyak guru yang sengaja menyuruh muridnya untuk mengerjakan tugas, dengan kata agar muridnya mandiri, intinya anak sekolahan seolah wajib mempunyai internet.

Dan dari situ kita bisa menyimpulan, informasi apa saja yang bisa kita tawarkan kepada mereka (anak sekolahan) tersebut. Mungkin beberapa hal yang bisa kita bahas adalah :

  • Penjelasan materi-materi pelajaran
  • Tips dan trik mengerjakan ujian
  • Trik cara agar lebih rajin
  • dan banyak lainnya.

Meski terdengar sempit bahasan, namun ternyata banyak hal yang bisa diuraikan dan dicari, ini tidak terpaku. Lihat saja beberapa waktu sebelumnya tingkat pencarian tips SBMPTN berkembang sangat pesat, bahkan anda akan menemukan tidak hanya satu artikel, melainkan ratusan artikel dan mungkin lebih.

Berikut tadi adalah 10 pilihan niche blog yang patut anda coba sebagai blogger pemula ataupun blogger yang sedang mencari ide untuk membuat blog. Namun jika anda bingung untuk memilih salah satu, anda bisa menemukan caranya di artikel Tips Cara Memilih Niche Blog yang Tepat ini agar anda bisa lebih memastikan diri dan bisa memilih dengan tepat.

Niche tersebut sebagai kunci bahan materi pembahasan untuk dalam artikel anda. Semua kembali lagi ke kunci utama yaitu blog yang berkualitas, berikan yang terbaik untuk para pembaca anda, berikan yang mereka butuhkan agar blog anda bisa berhasil. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, apakah anda mempunyai niche yang lebih menarik? Silahkan cantumkan dalam komentar, mari saling berbagi.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Keren info gan, Niche percintaan atau lifestyle layak ny bgus t d garap. D tunggu kunjungan balik ny ya simbahgugel.com

    ReplyDelete