10 Cara Mempromosikan Blog Melalaui Facebook

3:03 PM
trik-promosi-dengan-facebook
Teknik Promosi Blog Menggunakan FacebookMempromosikan sebuah blog merupakan suatu keharusan bagi para blogger, khususnya blog yang masih baru, agar blog atau situs tersebut semakin dikenal banyak orang dan akhirnya dikunjungi. Ada begitu banyak cara melakukannya, dan salah satunya melalui sosial media ternama yaitu Facebook.

Mengapa facebook? Karena sampai saat ini facebook masih menjadi salah satu sosial media terbesar dan selalu digunakan oleh orang banyak di dunia.

Dan tentu saja pengguna orang Indonesia tidak kalah banyak jumlahnya. Pada tahun 2016 kemarin sekitar 88 juta orang Indonesia tercatat menggunakan facebook dan 1,7 miliar pengguna global (Seperti yang dilansir pada kompas.com tanggal 2016/10/20), dan maka oleh sebab itulah berpromosi melalui facebook merupakan suatu kewajiban dan jangan sampai terlewatkan oleh para blogger.

Melihat banyaknya pengguna facebook tersebut, siapapun yang mempunyai suatu produk yang ingin dikenalkan kepada khalayak umum, maka mereka akan memilih jalur sosial media facebook ini sebagai jalur media terbaik versi digital.

Lantas apa saja hal yang harus dilakukan jika melakukan promosi blog menggunakan fb? Dengan banyaknya fitur yang ada di facebook, ada cukup banyak pula hal-hal yang bisa anda lakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah serta tips berpromosi blog menggunakan facebook, silahkan disimak.

1. Gunakan Kata-Kata yang Persuasif

Sebentar, sebelum kita benar-benar terjun ke facebook, ada hal yang harus anda ketahui serta dipelajari terlebih dahulu, yaitu bagaimana cara memilih kata-kata yang tepat ketika berpromosi blog, agar setiap promosi yang kita lancarkan tidak sia-sia. Dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang persuasif, apa maksudnya?

Kata-kata persuasif merupakan bentuk kalimat yang secara tidak langsung mengajak seseorang untuk mengikuti apa yang ditulis dalam tulisan tersebut. Ingat, kita mengajak tetapi secara tidak langsung, artinya anda tidak memaksa seseorang ketika berpromosi, biarlah mereka (para calon pengunjung blog) mendapatkan kebebasan. Contoh kata-kata yang persuasif adalah :

"Ingin tahu seputar dunia game? blog kami menyedia banyak artikel yang dapat menambah pengetahuan anda".

Lihat, apakah kalimat tersebut terlihat memaksa? Tidak, mereka bebas memilih apakah ingin tahu mengenai seputar game atau tidak, tetapi efek yang didampakkan adalah ketika situasi para calon pembaca itu penasaran karena memang ingin tahu, maka tanpa lama mereka akan coba mengecek blog anda. Dan terakhir, pastikan apa yang anda sajikan sesuai dengan apa yang anda tawarkan.


2. Cantumkan Dalam Profile FB Anda

cara-promosi-blog-dengan-facebook

Facebook semakin update dengan melakukan perubahan-perubahan, salah satunya adalah tampilan profil kita. Jika kita ingat dalam pengaturan informasi pribadi, salah satunya ada setting "Situs web" dan semacamnya, di situ kita bisa menaruh link blog kita. Sehingga jika ada orang yang melihat halaman profil, mereka akan melihat link tersebut, dan bukan tidak mungkin akan membukanya. Mantap bukan?

Namun tentu saja untuk memaksimalkan hal ini, anda perlu membuat cara bagaimana agar ada banyak orang yang melirik profil page (halaman profil) anda, ya salah satunya mungkin anda bisa sering-sering memberi bom like kepada teman-teman anda, dengan begitu mereka mungkin akan membalasnya.


3. Share di Timeline Facebook

teknik marketing blog dengan facebook

Yap, setelah anda memasang link blog ke profil page fb, maka hal wajib yang anda harus lakukan adalah mengshare artikel dari blog. Caranya, anda harus memasang widget share di blog anda terlebih dahulu, namun sebenarnya widget ini sudah otomatis ada jika template anda bawaan dari blogspotnya (jika anda menggunakan blogger). Tetapi cara lainnya yaitu dengan mengcopy link artikel anda di kolom status, dan nanti secara otomatis facebook akan membuat review dari meta deskripsi artikel anda. Coba lihat contoh seperti ini.

cara-mendapatkan-pengunjung-blog-dengan-fb


Dan nanti teman-teman yang sedang online akan melihat share tersebut, tetapi belum pasti akan mengklik dan membacanya, tergantung bagaimana anda menyampaikan share tersebut, ingat poin nomor satu.


4. Tag Teman-Teman Anda


Terkadang jika kita share artikel begitu saja, hanya sedikit orang yang menyadari adanya promosi tersebut, sehingga promosi tersebut tidak sampai ke banyak orang bahkan kepada teman-teman facebook yang sering aktif. Bagaimana cara mengatasinya? Yaitu dengan meng-tag teman-temanmu. Ketika share jangan lupa untuk menambahkan teman, ini merupakan salah satu fitur facebook yang patut kita manfaatkan. Sehingga akan banyak teman yang mendapat notifikasi, mereka lalu akan penasaran dan melihat hal apa yang ditag olehmu.

Selain itu dengan meng-tag, besar kemungkinan share artikel blog anda akan muncul di kronologi teman anda, dengan begitu akan memperbesar lapak promosi blog di facebook. Tentu saja untuk melakukan ini anda jangan terlalu sering, terlebih jika mereka sebenarnya tidak suka, maka oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu ramah kepada teman facebook anda.


5. Berkomentar di Status Orang Lain


Ketika mereka membuat status, maka bisa dipastikan mereka masih aktif di facebook, kesempatan ini bisa kita gunakan untuk melakukan promosi di status mereka, yaitu dengan mengomentar sekaligus promosi. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan menautkan link yang sesuai dengan topik yang dibicarakan oleh status tersebut, misal mereka membuat upadate "patah hati", maka anda bisa menaruh link "Cara agar cepat move-on" dan sebagainnya, hal ini lebih relevan dan kemungkinan tinggi mereka akan mengklik link tersebut.


6. Share Melalui Personal Message


Cara yang satu ini mungkin akan sedikit lebih spamming, karena kita akan menggunakan media yang lebih private atau personal bagi mereka, yaitu menggunakan personal message atau pesan. Kenapa bisa disebut spamming? karena hal ini berbeda jika kita share di timeline, soalnya timeline itu milik bersama, sedangkan personal message bersifat pribadi, kemungkinan mereka tidak suka karena mengganggu.
Nah untuk mengantisipasi hal itu, anda harus memilah milih mana teman yang patut dicoba untuk promosi blog melalui teknik ini, untuk awal-awal cobalah kepada teman dekat anda, selanjutnya ke teman-teman yang masih awam, lalu berpindah ke teman yang anda kurang kenal sekalipun.


7. Bagikan di Group Facebook yang Bersangkutan


Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mempromosikan blog anda, karena dengan membagikan di grup, calon pengunjung akan lebih banyak, bukan hanya teman anda saja. Pastikan anda berpromosi blog di group-group yang bersangkutan dengan topik artikel anda, misalnya jika anda akan membagikan artikel tentang tips dan trik bermain gitar, maka grup yang patut anda coba adalah.
  1. Grup Belajar Gitar
  2. Group Musik
  3. Grup Pribadi Seperti Grup Kelas di Sekolah
  4. Grup Blogger atau Komunitas Penulis Blog
Dan masih banyak lainnya, itu hanya contoh umum saja, karena ketika kita akan search grup tersebut, terdapat banyak jumlahnya, silahkan kalian masuk ke semua grup itu. Dan anda harus tahu bahwa ada beberapa hal sebelum anda melakukan promosi, diantaranya :
  • Aktiflah dalam grup, bukan hanya ketika promosi artikel, tetapi jika ada seseorang yang bertanya sesuatu, sehingga ini akan menaikan popularitas anda di grup tersebut, baru anda promosi blog dengan kata-kata yang sopan dan ramah.
  • Ada beberapa group yang memiliki peraturan ketat, seperti jika kita spamming mereka akan mengkick (mengeluarkan) kita dari grup tersebut, maka oleh sebab itu, jangan promosi artikel secara blak-blakan, melainkan secara halus dan tidak terkesan promosi.


8. Membuat Fans Page atau Facebook Page Khusus


Inilah salah satu fitur paling beda dari facebook dibandingkan dengan sosial media lainnya, yaitu fan page atau facebook page. Dengan ini kita bisa membuat suatu tempat khusus untuk mempromosikan sesuatu, dan tentu saja anda bisa mempraktekannya untuk blog anda. Cara membuatnya pun cukup mudah dan cepat, setelah itu kita tinggal mengatur informasi-informasi penting yang ada untuk halaman tersebut.

Selain itu, fanpage ini nantinya bisa dipasang di blog anda dengan menambahkan widget, sehingga ketika ada orang yang mengunjungi blog anda, mereka bisa menemukan fanpage anda tersebut, dan kemungkinan mereka akan menyumbangkan likenya, tergantung seberapa bermanfaatnya blog anda kepada pengunjung tersebut.


9. Gunakan Facebook Ads


Salah satu fitur yang paling tepat untuk promosi blog dengan facebook adalah dengan menggunakan Facebook Ads, yaitu layanan mengiklankan halaman atau fanpage anda dengan tujuan kepada orang-orang tertarget, sehingga iklan akan tampil pada tempat yang pas dan sesuai pasarnya. Darimana facebook bisa melakukan ini? Berdasarkan aktivitas like pengguna-pengguna fb tersebut yang nantinya akan terbaca oleh pihak facebook itu sendiri. Ini mungkin jarang orang gunakan karena harus mengeluarkan budget atau biaya. Tetapi untuk anda yang merasa mempunyai situs atau blog yang berkualitas tinggi dan anda sudah siap dengan segala biaya, saya rasa anda patut mencobanya.


10. Membuat Akun Ternak atau Cloning

teknik-promosi-blog-menggunakan-fb

Mungkin cara ini yang sedikit memakan waktu lebih banyak, karena di sini kita akan membuat akun palsu sebanyak-banyaknya, tergantung kemampuan kamu untuk menghandle (mengatasi). Untuk apa akun clone ini? Yaitu untuk mempromosikan blogmu juga, semakin banyak akun maka semakin banyak teman yang akan menjadi calon pengunjung blogmu, akun-akun tersebut bisa anda gunakan untuk like, komentar, dan share fanpagemu juga.

Agar penggunaan teknik ini lebih maksimal, anda harus mendapatkan teman yang berbeda antara akun yang satu dengan akun yang lainnya, dan anda juga harus mampu membuat akun clone tersebut seolah-seolah akun asli, lakukan update status yang berbeda, jangan hanya untuk promosi blog saja, karena kita akan membuatnya se-real mungkin, pahamkan maksud saya?

Baca Juga : Cara Promosi Blog dengan Twitter

Dan itulah 10 langkah teknik promosi blog atau situs dengan menggunakan facebook, cara ini saya yakin masih sangat manjur dan efektif jika anda melakukannya dengan teratur dan rapih, lakukanlah dengan perlahan dan buat semuanya menjadi alami, dengan begitu blog anda akan mendapatkan image (gambaran atau pandangan) yang bagus di mata orang-orang yang akan menjadi calon pengunjung juga search engine. Jika bermanfaat, silahkan untuk memberi like dan komentarnya, juga jangan lupa share. Silahkan baca artikel lainnya untuk mengetahui tips dan trik blogging yang lebih banyak.
First
0 Komentar