Teknik Promosi Blog dengan Twitter Secara Tepat

10:46 AM
cara-promosi-blog-dengan-twitter
Blogger dituntut untuk fleksibel dalam mempromosikan blognya, dengan berbagai media sosial, anda bisa memperkenalkan blog dengan mudah. Karena seperti yang kita tahu, media sosial seolah salah satu trend yang tidak akan pernah pudar di masa sekarang dan kedepannya.

Jika anda diperintahkan untuk menyebut beberapa sosial media yang ada saat ini, pasti twitter akan ada di antaranya. Yap, twitter adalah salah satu sosial media yang penggunanya terbilang masih banyak, meski tidak setenar dahulu, twitter masih dapat anda gunakan sebagai alat untuk mempromosikan blog anda.

Oleh karena itu, anda bisa mencoba menggunakan ini selain facebook. Tetapi jika anda lebih suka atau  memilih facebook anda bisa membaca artikel tentang cara promosi blog menggunakan facebook yang pernah saya posting sebelumnya. Saran saya tentu saja anda harus memilih twitter ini juga dengan alasan yang sudah saya sebutkan tadi.

Berikut ini adalah beberapa teknik atau cara yang bisa anda lakukan untuk berpromosi blog anda dengan menggunakan twitter, tentu saja modal utamanya anda harus mempunyai akunnya terlebih dahulu, setelah itu baru lakukan hal-hal yang saya akan jelaskan ini. Mari dimulai dari yang pertama.

1. Cantumkan dalam Profile

situs blog dalam twitter

Dibandingkan dengan yang dahulu, kini twitter dapat menambahkan situs website atau alamat blog anda di dalam bio profile. Manfaatkan fitur tersebut untuk anda memasukan blog yang anda miliki. Sehingga ketika orang mengecek halaman profile anda, orang tersebut akan melihatnya.


2. Tweet dengan kata-kata singkat namun menarik


Jika anda belum tahu, twitter hanya memperbolehkan anda untuk melakukan tweet kurang lebih sebanyak 150 karakter. Itulah keunikan dari sosial media ini, maka dalam hal ini anda dituntut agar sekreatif mungkin membuat kata-kata yang cukup namun menarik, hal ini berkaitan dengan ilmu copywriting.

Misalnya, anda telah memposting artikel tentang tips kesehatan mengenai demam. Berikut ini beberapa contoh kalimat yang anda bisa gunakan sebagai bahan-bahan tweet anda nanti.

  • "Anda sering demam? Ketahui 5 tips ampuh berikut ini agar anda bisa mencegahnya ....".
  • "Bermanfaat! Tips-tips berikut ini bisa anda gunakan untuk mencegah demam dengan manjur loh...".
  • "Tahukah anda bahwa imun yang rendah bisa membuat anda mudah terserang demam? 7 tips berikut bisa menjadi solusinya ...".

Kalimat-kalimat tadi bisa anda ubah sesuai dengan topik artikel anda, tentu saja anda dapat merubahnya dengan apa yang anda mau tweet, hal ini tidak menjadi aturan. Kuncinya anda harus membuat semua itu seperti ajakan yang tidak memaksa.


3. Mention Akun Orang Lain


Dengan melakukan mention atau menyebut akun orang lain, orang tersebut nantinya akan mendapatkan pemberitahuan dalam notifiasinya, sehingga jika mereka penasaran, kemungkinan mereka akan mengklik dan mengunjung blog anda. Pastikan anda tidak berlebihan agar tidak diblock karena dianggap spamming.

Anda bisa mention teman anda, sesama blogger, saudara, atau orang yang sekiranya sesuai dengan topik artikel yang anda promosikan dalam tweet tersebut. Gunakan kata-kata yang bersahabat dan tidak memaksa, di sini kita menawarkan, bukan menyuruh. Pengunjung adalah konsumen, konsumen adalah raja.


4. Gunakan Personal Message


Personal message ini sifatnya lebih sensitif, jika ada tanda pemberitahuan dalam akun, pasti kita tidak sabar ingin melihatnya. Nah sifat psikologis ini bisa anda manfaatkan untuk melakukan promosi blog anda dengan fitur personal message ini. Ingatlah untuk mengatur penggunaannya, karena sifatnya sensitif, mungkin responnya pun tidak bisa anda bayangkan.


5. Gunakan Hashtag yang Tepat


Apa itu hashtag? Twitter adalah situs sosial media yang mempopulerkan fitur ini, kegunaan hashtag untuk memfokuskan topik bahasan dalam tweet untuk keyword tertentu. Misalnya anda tweet tentang artikel tutorial blogging, maka beberapa hashtag yang bisa anda pakai adalah : #Blogger #TipsBlogging #TutorialBlog #TrikBlogging #CaraBlogging.

Tentu anda tidak harus terpaku, karena kita bebas membuat hashtag sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tetapi, anda harus ingat ini adalah twitter, dengan jumlah karakter yang terbatas, anda diwajibkan untuk menggunakan hashtag yang tepat, agar kata-kata dalam tweet masih bisa terjaga.


6. Berkomentar di Tweet Orang Lain


Twitter juga memperbolehkan anda untuk memberi komentar ke dalam tweet orang lain, ya namanya juga sosial media. Nah, jika anda ingin menggunakan cara ini, berikut ini trik yang sangat ampuh untuk berpromosi dengan tepat dan sesuai target sasaran.

Caranya, anda bisa melakukan pencarian tweet berdasarkan hashtag yang kita target, misalnya anda ingin mempromosikan artikel tentang tips-tips menjalani hubungan, nah anda bisa menarget keyword hashtag seperti : #Cinta, #Pacaran, #Relationship, #Putus, #MoveOn dan lain sebagainya, intinya yang sesuai dengan topik bahasan dalam artikel anda.

Setelah anda menemukan beberapa tweet yang sesuai, anda bisa memberikan komentar basa-basi, lalu memberikan link yang mengarah kepada blog anda. Saya pikir cara ini lebih efisien ketimbang anda berkomentar di akun orang lain secara acak.


7. Jangan Lupa Tambahkan Gambar


Nah dalam setiap aksi tweet anda ketika mempromosikan blog, jangan lupa untuk menambahkan gambar di dalamnya, karena sebenarnya kebanyakan orang itu lebih suka dengan visual yang memanjakan mata, manfaatkan fitur gambar ini sehingga akan memiliki daya tarik ketika orang melihat promosi anda.


Sekian 7 teknik promosi blog dengan menggunakan twitter, dengan memanfaatkan segala fiture yang ada di dalam sosial media tersebut, akan lebih memaksimalkan proses promosi. Satu tips tambahan, Jika anda mempunyai teman yang memiliki banyak followers di akun twitternya, anda dapat meminta untuk ikut numpang promosi juga.

Ingat, jika anda melakukan ini bukan berarti traffic anda meningkat dengan pesat, tergantung apakah konten memang benar-benar dibutuhkan atau tidak oleh konsumen. Semoga artikel ini bermanfaat, selalu semangat dan terus berusaha untuk anda para blogger.
Previous
Next Post »
0 Komentar