5 Fakta Tentang Blog Gado-Gado Dari Pengalaman Uji Coba

10:35 AM
pengertian-blog-gad-gado-general
Pengertian blog gado-gado adalah suatu istilah dari blog yang memiliki bahasan campuran atau artikel-artikel yang topiknya tidak semua sama bahkan berbeda jauh, seperti yang kita tahu gado-gado adalah suatu makanan dengan mencampur aduk berbagai bahan di dalamnya, itulah gambaran yang diambil. 

Istilah umumnya adalah general blog. Blog ini tidak memiliki niche yang pasti, sehingga sang penulis blog tersebut tidak merasa terikat oleh suatu kunci bahasan dan bebas memposting apapun yang ia ingingkan.

Pertanyaanya, apakah blog dengan tipe seperti ini lebih baik dari blog yang memiliki niche terfokus? Untuk informasi, saya pernah membuat satu blog gado-gado yang bahasannya macam-macam, mulai dari teknologi, lifestyle, game, dan juga berbagai tips dan trik yang acak.

Blog tersebut sebenarnya sebagai bahan eksperimen atau uji coba saya terhadap berbagai masalah blogging, mulai dari penulisan sampai SEO. Setelah saya melakukan analisa, berikut ini adalah fakta yang saya dapatkan dari eksperimen blog gado-gado (general blog) tersebut.


1. Bisa Tampil di Halaman Pertama Search Engine


Jika anda bertanya apakah blog gado-gado bisa muncul di peringkat teratas halaman pertama search engine seperti google, jawabannya bisa. Dari sini tidak menutup kemungkinan bahwa artikel atau konten mempunyai bagian yang besar dalam urusan SEO, atau biasa kita sebut "Onpage SEO".

Topik artikel yang muncul di page one google pun tidak hanya satu, tetapi bisa beberapa macam sekaligus. Artikel review software dan tips game adalah contohnya, padahal untuk topik game hanya ada beberapa saja. Bahkan saat itu saya tidak terlalu mempentingkan keyword, saya hanya menulis apa yang sekiranya sesuai dan pantas.

Untuk artikel review software tersebut awalnya artikel itu muncul di halaman ke empat di google. Setelah saya sering melakukan promosi artikel itu, lambat laun artikel saya naik di SERP (Search Engine Result Page) sampai mengalahkan artikel aslinya yang saya curi idenya.

Kesimpulannya adalah selama anda mempunyai blog yang sudah terdaftar, dan memposting artikel yang banyak orang cari namun tidak tinggi kompetitor, artikel anda memiliki kesempatan yang sangat besar. Saya juga menyarankan anda membuat konten yang diprediksi akan dicari banyak orang, agar anda tidak perlu bersaing dan menjadi artikel original yang akan orang-orang cari.


2. Jumlah Pengunjung Relatif Susah Untuk Ditingkatkan


Meski blog gado-gado (General Blog) bisa tampil di halaman pertama search engine, bukan berarti traffic akan selalu tinggi. Saya tegaskan ini relatif, tergantung berapa banyak artikel anda yang muncul di page one, dan berapa banyak konten menarik yang anda miliki untuk visitor. Tetapi untuk memiliki pengunjung yang pasti benar-benar sulit. Apa masalahnya?

Berdasarkan penilaian saya, blog gado-gado lebih sulit untuk dipromosikan, karena target pengunjungnya yang tidak pasti, terlebih jika topik antara satu artikel dengan artikel lainnya benar-benar berbeda, hal ini juga menyulitkan proses pembuatan internal link.

Ketika kita membuat satu artikel yang topiknya tidak pernah kita buat sebelumnya, kita harus memasuki media atau tempat yang sebelumnya belum terjamah. Misalnya kita membuat konten tentang tips dan trik bernyanyi, maka kita harus masuk grup-grup yang bersangkutan, dan juga artikel ini memiliki kemungkinan yang kecil ketika dipromosikan dalam artikel lain yang berbeda topik.


3. Bebas Tetapi Tidak Mempunyai Identitas Pasti


Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa blog campuran bahasan seperti ini lebih memiliki kebebasan, sehingga kita tidak terpaku pada satu tema. Namun justru karena kebebasan itulah blog kita jadi tidak mempunyai suatu ciri khas yang pasti, apalagi jika topik artikel benar-benar berbeda.

Identitas pasti yang dimaksud adalah mengenai blognya yang tidak terfokus pada satu topik tadi, jadi kemungkinan seseorang tidak akan melakukan subscribe karena ditakutkan update artikel terbaru nanti tidak menarik bagi pengunjung.

Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memberikan konten segar tetapi umum dicari orang banyak, serta memperhatikan kualitasnya. Mulai dari pembahasan materi yang rinci sampai penyampaian yang mudah dicerna, bisa memberikan identitas tersendiri bagi blog anda.


4. Kesalahan Memilih Topik


Lagi-lagi hal ini berkaitan karena kebebasan yang tak terbatas dalam menyampaikan topik artikel. Terkadang seorang penulis blog gado-gado mencoba memuat topik yang tidak pernah dicoba sebelumnya, sehingga membuat mereka harus selalu melakukan riset karena ilmu materi yang ia punya tidak cukup luas.

Kesalahannya adalah ketika mereka telah membuat satu topik baru, penulis blog gado-gado tidak memperbanyak topik serupa kedepannya, kemungkinan besar hal ini akan berdampak artikel dengan topik yang baru tersebut terbengkalai dan tidak kuat. Alasannya selain malas melakukan riset, penulis blog tidak tertarik lagi dengan topiknya itu.


5. Bentuk Blog Terbaik Untuk Blogger Pemula


Ada satu kelebihan luar biasa bisa yang anda dapatkan jika membuat blog gado-gado atau blog dengan topik campuran, khususnya bagi blogger pemula. Yaitu anda bisa menjelajah dan menantang diri anda untuk memberikan konten yang berbeda, membuat berbagai macam artikel dengan gaya bahasa sesuai topiknya.

Hal ini bermanfaat agar anda kelak lebih fleksibel terhadap topik yang anda bawakan, apabila suatu saat anda ingin membuat blog baru dengan niche yang lebih terfokus, anda tahu topik mana yang akan anda pilih, karena anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing topik yang pernah anda coba sebelumnya dari blog gado-gado.


Kesimpulan dari Blog Gado-Gado / General Blog


Kembali ke pertanyaan, apakah bentuk blog seperti ini lebih baik dari blog yang memiliki niche khusus? Jawabannya adalah relatif. Alasannya yaitu  selama blog anda memiliki berbagai konten yang dicari dan memuaskan para pengunjung, juga karena artikel blog gado-gado bisa muncul di halaman pertama search engine, kemungkinan blog anda sukses sangat amat besar.

Kenyataannya banyak blog seperti ini yang berhasil dan memiliki reputasi, saya pikir anda pernah menemukannya. Tetapi hal penting yang harus anda ingat adalah semua bentuk blog mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mempunyai teknik yang sedikit berbeda untuk membuatnya bisa maju, dan usaha anda yang memegang kunci besar mewujudkannya.

Sekian artikel saya mengenai 5 fakta tentang blog gado-gado (general blog) dari hasil uji coba atau eksperimen yang pernah saya lakukan dahulu, dengan berbagai macam riset dan analisa. Baik-buruknya blog seperti ini tergantung dari diri anda, bagaimana menurut anda mengenai hal ini? Silahkan cantumkan opini anda dalam kolom komentar, mari saling berbagi.
Previous
Next Post »
0 Komentar