Cara Agar Blog Selalu Mempunyai Pengunjung Setiap Hari

10:41 AM
Ketik Dunia - Tips cara situs blog dapat pengunjung
Ketik Dunia - Mempunyai blog yang sering dikungjungi orang setiap hari merupakan impian semua blogger, karena percuma menulis jika tidak ada yang melihatnya bukan? Tetapi pada kenyataannya untuk membuat semua itu tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan, terdapat banyak rintangan juga masalah di dalamnya.

Tetapi itulah yang anda harus alami, sering-sering melakukan trial error adalah hal yang wajib anda lakukan. Melakukan banyak eksperimen (percobaan) berdasarkan ilmu yang anda dapatkan dari sumber-sumber, serta melakukan analisa terhadap setiap hasilnya.

Dan untuk itu, di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal yang bisa anda lakukan agar blog anda selalu mempunyai pengunjung, mengenai tinggi atau rendah traffic, itu tergantung kualitas yang blog anda miliki nantinya. Kalau begitu mari kita ke poin-poin berikut.

Buat Topik Artikel Yang Sifatnya Umum dan Abadi


Jika kita berpikir kembali, bukankah yang mengunjungi blog kita adalah manusia yang memiliki keinginan? Nah oleh sebab itu, anda harus mencoba untuk merubah sudut pandang anda sebagai visitor (Hal ini sudah jelaskan dalam artikel-artikel yang lain). Cobalah untuk mengetahui apa saja topik yang banyak orang cari dalam internet, tentang apa masalah yang mereka dapatkan di kehidupannya.

Dan jika kita menargetkan calon visitors yang luas, tentu kita harus membuat sebuah artikel yang membahas mengenai masalah-masalah umum yang seringkali terjadi pada kebanyakan orang dan tidak terlalu spesifik, sehingga orang awampun bisa memahami penjelasan opini dalam artikel anda, itulah yang dimaksud dari topik artikel yang sifatnya umum dan abadi. Dan topik-topik artikel yang biasanya orang cari yaitu :

Kesehatan, misalnya cara mengobati flu yang ampuh. Semua orang pasti akan mengalami penyakit ini bukan?

Gaya Hidup, misalnya tentang menjalin hubungan dengan seseorang. Karena kita tahu bahwa usia remaja adalah masanya seseorang memiliki tingkat penasaran yang tinggi, mereka membutuhkan informasi yang seperti itu.

Teknologi, contoh tutorial memperbaiki komputer atau laptop. Kita sadar bahwa kita hidup di zaman modern, komputer atau laptop seolah kebutuhan yang wajib, ketika alat itu rusak, biasanya kebanyakan orang tidak langsung mengunjung tempat service bukan, melainkan mencari tahu dahulu di internet.

Bisnis, contohnya cara mendapatkan uang di internet. Semua orang membutuhkan uang dan selalu penasaran bagaimana cara mendapatkannya.

Itu beberapa contoh yang paling sering orang cari, dan memang masih banyak yang lainnya. Intinya di sini saya hanya menjelaskan bahwa agar anda dapat banyak calon konsumen, pastikan produk anda memang benar-benar dapat diterima oleh kalangan umum. Sebagai tambahan, silahkan baca Tips Memilih Niche Blog yang Tepat


Pastikan Konten Menjawab Masalah Mereka


Logikanya, pengunjung menggunakan search engine untuk mencari informasi yang dapat mengatasi kebingungan mereka akan suatu hal, dan anda menulis artikel agar dibaca orang banyak, maka oleh sebab itu, anda harus membuat konten yang benar-benar memberikan informasi yang benar-benar mereka inginkan.

Misalnya anda menulis tips mengobati sakit kepala, berikan semuanya sampai tuntas, penjelasan demi penjelasan harus detail, yang nanti hasilnya benar-benar terbukti ampuh untuk orang yang mengalami tersebut. Biasanya ketika orang sudah puas dengan satu artikel, mereka tidak mencari yang lain lagi.


Buat Artikel Sebanyak Mungkin Dengan Tema Yang Serupa


Agar jumlah pageview di blog anda lebih maksimal, saya sarankan anda membuat artikel yang memilki topik serupa dengan artikel yang sering orang kunjungi dalam blog anda. Selain itu, dengan hal ini akan lebih besar kemungkinan anda mendapatkan nilai yang lebih baik di search engine seperti google, karena search engine melihat aktivitas bounce rate yang rendah karena pembaca betah beralama-lama di blog anda.

Pengertian bounce rate adalah tingkat pentalan, yaitu ketika orang mengklik link blog anda di search engine, apakah si pengunjung benar-benar melihat artikel anda atau belum sama sekali (tampilan belum load sepenuhnya). Selain itu halaman yang menjadi tempat keluarnya pengunjung adalah salah satu penyebab pentalan blog anda.

Jadi, semakin lama orang berlama-lama di blog, semakin bagus image di mata google karena tingkat pentalannya rendah sebagai bukti pengunjung menikmati blog anda, hal ini berkaitan dengan poin nomor sebelumnya.


Artikel Anda Berada di Posisi Halaman Pertama Search Engine


Saya rasa semua blogger pasti menyadarinya, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, pastikan artikel blog anda berada pada halaman pertama google, tidak harus di posisi pertama atau paling atas di SERP jika memang sulit, mengingat jika topik artikel memiliki kompetisi yang tinggi.

Mengapa saya sarankan hal ini? Karena kebanyakan psikologi orang khususnya Indonesia, tidak akan mencari artikel sampai halaman berikutnya di search engine, mereka terpaku pada page one, jika mereka tidak menemukannya, mereka akan mengganti keyword di kolom search. Jika artikel anda berada di posisi halaman tiga atau empat, saya rasa kemungkinannya sangat kecil untuk orang mengunjungi blog anda melalui search engine.


Sering Berpromosi


Search engine bukan satu-satunya cara agar blog anda bisa mendapatkan pengunjung, anda harus lebih aktiv memperkenalkan dan menawarkan blog anda kepada orang-orang dengan melakukan promosi, sehingga anda mempunyai visitor tambahan setiap hari. Bagian promosi sudah sering saya bahas sebelumnya, anda bisa menemukan berbagai macam artikel tips dan trik promosi di kategori Tips dan Trik Promosi Blog.

Intinya, anda tidak harus terpaku pada satu cara untuk mendapatkan traffic visitor. Search engine, sosial media, forum, komunitas, online maupun offline adalah contoh banyaknya cara agar blog anda bisa lebih populer.

Saya yakin dengan poin-poin tadi, blog anda akan mempunyai pengunjung setiap harinya, tinggi-rendahnya traffic tergantung dari kualitas dan banyaknya artikel yang menarik di blog anda, karena itulah proses berperan penting di sini.

Pada umumnya, Anda tidak bisa membuat blog baru dengan pengunjung ribuan dalam satu atau dua bulan. Selalu mengikuti perkembangan pasar, juga meneliti calon konsumen, dan tak lupa pula pentingnya SEO agar blog anda bisa lebih akrab dengan search engine.

Sekian artikel saya mengenai "Cara Agar Blog Mempunyai Pengunjung Setiap Hari", jika ada yang ingin anda tanyakan, silahkan cantumkan dalam komentar di bawah, dengan segera saya akan membalasnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda dalam ilmu blogging. Salam hangat Ketik Dunia.
Previous
Next Post »
0 Komentar