Kehabisan Ide Membuat Konten Blog? Berikut Tips Cara Menemukan Inspirasi Menulis Artikel yang Ampuh

3:28 AM
tips-cara-mencari-inspirasi-membuat-konten-blog
Tips Mencari Ide Untuk Menulis Artikel Blog - Semua pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas untuk membuat konten, tentu membutuhkan ide-ide untuk awalnya. Misalnya seorang komikus yang mencari ide untuk komiknya dan youtuber memerlukan ide untuk membut konten video. Lalu bagaimana dengan seorang blogger?

Tentu saja blogger pun demikian, untuk membuat konten artikel dalam blognya, diperlukan ide-ide untuk materi pembahasan yang ingin disampaikan. Masalahnya, banyak blogger yang sedikit bingung dan merasa terblocking untuk bagaimana menemukan ide-ide tersebut, terlebih yang pemula.

Ya memang tidak hanya blogger pemula, blogger yang sudah terlalu banyak membuat konten pun terkadang kehabisan ide, tak jarang hal ini membuat blognya sedikit lambat untuk update artikel terbaru. Untuk mengatasi masalah ini, saya akan menyampaikan 5 cara ampuh untuk mendapatkan ide artikel untuk blog anda. Mari kita bahas.

1. Menonton Televisi


berbagai program televisi menyampaikan banyak informasi yang bisa anda dapatkan, dari informasi-informasi tersebut anda bisa menemukan ide di dalamnya. Terlebih jika anda membangun blog berniche tertentu seperti lifestyle, anda bisa menonton program acara TV mengenai fashion, motivasi diri, dan hal menarik lainnya mengenai kehidupan.


2. Baca Buku


Buku adalah salah satu sumber inspirasi atau ide artikel yang segar, karena banyak pembahasan yang belum ada di internet. Maka oleh sebab itu, bacalah buku yang sesuai dengan niche blog yang anda bangun, misalnya jika blog anda bertema kesehatan, anda bisa membaca buku mengenai tips-tips kesehatan.

Anda bisa mencuri ide dari buku tersebut, lalu anda tulis ulang dengan gaya bahasa anda sendiri untuk artikel dalam blog anda, atau anda bisa mengutip yang ada di dalam buku itu dan mencantumkan sumbernya. Saya sendiri pun sering melakukan hal ini, anda boleh meminjam buku teman, membaca di perpustakaan atau membelinya di toko buku terdekat.


3. Blogwalking


Kegiatan blogwalking merupakan kegiatan wajib seorang blogger, selain untuk menjalin relasi, juga sekaligus untuk mencari ide-ide untuk bahan materi artikel anda. Namun hal yang harus diingat, jangan melakukan copas terhadap artikel orang lain, sebaiknya lakukan teknik re-write (tulis ulang) dengan gaya pembahasan anda sendiri.

Jangan hanya blogwalking di area dalam negeri, cobalah untuk membaca berbagai artikel bahasa inggris atau dari luar, sehingga akan memperbanyak pengetahuan anda, karena ada banyak pembahasan yang belum ada dalam Bahasa Indonesa.

Akan lebih baik jika anda menambahkan lagi hal-hal yang belum ada di artikel orang lain tersebut, sehingga jadinya artikel anda akan lebih eksklusif dan lebih baik dari artikel yang anda curi idenya. Mungkin istilah lain untuk ini disebut "ATM", yaitu amati-tiru-modifikasi (secara total).


4. Menggunakan Google Trends


Google Trends adalah salah satu layanan dari google untuk melihat apa saja topik yang sedang booming atau ngetrend tentunya. Bagi beberapa bentuk blog seperti berita update, lifestyle dan review produk, fitur google trends ini akan sangat berguna untuk anda gunakan mencari ide bahan artikel.


5. Lihat Hal-Hal Menarik di Sekitar Anda


Terkadang anda tidak perlu melihat hal yang jauh-jauh, ternyata banyak hal menarik di sekitar anda yang bisa dijadikan untuk ide menulis artikel, salah satunya dari pengalaman hidup anda. Contohnya seperti artikel 5 Fakta Blog Gado-Gado yang penah saya tulis dan post sebelumnya, ide artikel tersebut berasal dari pengalaman saya membuat blog gado-gado atau general blog dahulu.


6. Melamun


Jika anda terlalu malas untuk membaca atau menonton, daripada anda menyerah begitu saja untuk mendapatkan ide, lebih baik anda melamun. Yap melamun, karena bisa jadi ide artikel benar-benar dekat dengan diri anda, di dalam imajinasi anda sendiri, anda hanya perlu menggalinya lebih dalam lagi.


Tips Tambahan Mencari Ide Konten Artikel Blog


Setelah anda mengetahui bagaimana cara menemukan inspirasi dari berbagai sumber yang ada, berikut ini beberapa tips tambahan spesial untuk anda agar lebih mantap, dan ide artikel yang anda dapatkan bisa termanfaatkan lebih jelas.

Siapkan Media Catatan


Apapun sumber inspirasi atau ide anda, harap selalu sediakan media untuk mencatat, entah itu buku tulis atau gadget smartphone anda. Ini penting sekali, mengingat ketika anda mencari ide, pikiran anda akan bekerja lebih keras dan seringkali anda kehilangan fokus kesana kemari.

Dengan adanya catatan ini, anda tidak akan lupa nantinya, semua ide yang sempat hinggap di kepala telah tertulis dan anda tinggal melihatnya kembali. Jadi, media catatan adalah salah satu senjata utama anda untuk menangkap ide-ide yang anda temukan.


Tulis Apapun yang Ada


Terkadang ketika anda menemukan suatu ide, tetapi anda tidak yakin ide itu akan berguna, harap catat saja. Ketahuilah usaha anda menemukan ide harus selalu dihargai oleh anda sendiri, mungkin anda berpikir ide tersebut tidak berguna sekarang, namun bagaimana dengan nanti? Siapa sangka jika ide-ide ini akan sangat membantu anda nantinya bukan?


Kembangkan Lebih Banyak


Ide yang anda temukan pada waktu awal, hanyalah dasarnya saja. Untuk itu, setelah anda merasa cukup dengan ide-ide yang anda temukan, mari kembangkan ide tersebut lebih luas dan lebih banyak lagi. Karena dari satu ide, anda bisa mengembangkannya menjadi dua bahkan lebih.

Apa yang membuat artikel anda spesial? Apa kelebihan artikel anda? Itulah hal yang harus anda dapatkan juga kemudian. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, jika ide anda dapatkan dari artikel lain, mari lakukan teknik ATM (Amati-Tiru-Modifikasi).


Jadikan Sekarang Juga!


Oke, jika anda telah mendapatkan lalu mengembangkan inspirasi artikel tersebut, langkah terakhirnya adalah segera menjadikannya nyata. Ya, segera tulis ide tersebut menjadi konten artikel yang siap untuk dipublish. Karena seringkali banyak blogger yang sudah dulu puas ketika hanya menemukan ide artikel, padahal masih ada tahapan lain yang cukup sulit, dan sebenarnya hal ini menyangkut masalah mental.

Maka oleh sebab itu, ubah mindset anda, jangan puas ketika menemukan inspirasi atau ide, tetapi puaslah ketika anda telah menghasilkan apa yang anda harapkan dari ide-ide anda. Jika anda merasa kesulitan untuk menulis artikel karena tidak bergairah,  anda bisa melakukan beberapa tips yang telah saya sampaikan dalam postingan tips cara semangat menulis artikel.

Sekian pembahasan saya mengenai tips cara menemukan ide untuk menulis artikel, semua tips-tips yang sampaikan telah saya buktikan sendiri dan benar-benar ampuh hasilnya. Tetapi semua bergantung kembali pada diri anda, sukses atau tidaknya bisa anda lihat dari usaha anda sendiri. Semangat terus blogger indonesia.

Previous
Next Post »
0 Komentar