9 Media Untuk Promosi Situs Blog Yang Ampuh

11:08 AM
cara mempromosikan situs blog
Tempat Promosi Blog yang Bagus - Ketika konten-konten di blog anda mungkin sudah bagus, tapi tetap saja sepi pengunjung, apa masalahnya? Jika kita berpikir kembali, sebuah blog ibarat suatu produk, orang tidak akan mengenalinya dan mencobanya, tanpa adanya promosi. Yap itu hal yang anda lupakan, promosi.

Promosi merupakan kegiatan memperkenalkan suatu hal (yang biasanya produk) ke orang banyak agar ujungnya mereka mau mencoba dan menggunakan produk anda tersebut, dan mungkin mereka akan mengingat produk kita sebagai jalan alternative nantinya.

Dan untuk melakukan promosi, salah satu hal yang harus anda pikirkan yaitu media (Mau lewat apa kita mempromosikannya?). Ada banyak media bertebaran, ada yang online maupun offline. Sebenarnya tidak perlu ribet untuk memikirkannya, logikanya jika suatu tempat sering dikunjungi oleh orang dan dilihat orang banyak, itu merupakan sebuah media yang baik untuk berpromosi.

Nah berikut ini Ketik Dunia sudah kumpulkan media-media yang patut anda coba untuk mempromosikon blog, semua media dibawah ini sudah terbukti benar-benar memiliki respon yang baik, sehingga beberapa media ini saya rekomendasikan sekali kepada anda. Apa sajakah itu? Silahkan disimak.

1. Berpromosi Blog dengan Media Search Engine


SEO atau Search Engine Optimization, merupakan teknik yang paling ampuh tetapi juga sekaligus sulit. Dalam hal ini anda dituntut bagaimana caranya agar blog anda ramah dengan search engine seperti google, bing dan Yahoo maupun search engine lainnya.

Onpage maupun Offpage SEO perlu anda perbaiki. Algoritma SEO itu selalu berubah-berubah agar tidak mudah untuk dimanipulasi. Lantas apa yang anda harus lakukan? Beberapa poinnya adalah :

  • Template blog yang SEO Responsive
  • Pemilihan keyword yang sesuai dan kuat
  • Tidak ada konten hasil copas
  • dan mendaftarkan blog serta di berbagai search engine

Saya pun percaya kualitas dan sesuai aturan adalah kuncinya, berikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung anda. Template blog yang ringan, blog yang sudah terdaftar di search engine, melakukan update secara berkala, artikel yang padat informasi, sumber yang jelas dan pembuatannya yang baik serta sesuai aturan penulisan akan membuat blog anda berkualitas dan terlihat profesional. Itulah beberapa kunci umum yang bisa anda gunakan kedepannya.


2. Promosi Blog dengan Sosial Media


Jika dibulatkan, hampir semua orang mempunyai media sosial baik yang sering aktiv atau hanya sesekali saja. Namun kita pasti mengerti bahwa orang yang mempunyainya saja bisa dipastikan merupakan prospek (kemungkinan) bahwa suatu saat orang tersebut akan mengunjungi blog anda jika mereka menemukan promosi blog anda di sosial media tersebut.

Dan oleh sebab itu, promosi di media sosial benar-benar harus anda lakukan, dan tentu saja anda harus bisa menggunakan berbagai media sosial itu. Facebook, Twitter, dan Instagram merupakan media pasar yang cukup bagus karena penggunanya kebanyakan selalu aktiv siang dan malam.

Namun hal yang harus anda ingat, bila anda pengguna blogspot atau blogger.com. gunakanlah Google+ sesering mungkin, hal ini akan lebih memiliki banyak manfaat. Jangan terpaku pada itu saja, anda bisa mencoba berbagai media sosial lain seperti tumblr, pinterest, dan linkedin. Untuk lebih banyak mengetahui teknik promosi blog menggunakan facebook atau twitter, anda bisa membaca artikel yang telah saya posting berikut ini.



3. Mempromosikan Blog Menggunakan Aplikasi Chat


Sebenarnya ini masih termasuk ke dalam point-2, tetapi saya ingin membuatnya lebih spesifik karena teknik yang digunakannya sedikit berbeda. Apanya yang berbeda? Jika di sosial media, kita biasanya menggunakan promosi yang targetnya ke umum langsung atau orang banyak.

Tetapi jika menggunakan aplikasi chat, kita bisa membuatnya lebih personal, karena namanya aplikasi chatting, hanya antara pengirim dan penerima chat saja yang mengetahuinya.

BBM, Line, Whatsapp adalah aplikasi chatting yang sering digunakan oleh orang di seluruh dunia khususnya Indonesia. Dalam profil anda, bisa mencantumkan link yang mengarah kepada blog anda.

Tapi satu hal yang harus anda tahu jika berpromosi blog lewat media ini, harap jangan terlalu sering, ya namanya juga sifatnya personal, jika dilakukan terlalu rutin maka akan dianggap spam dan kontak anda akan dihapus bahkan diblock, calon pengunjung pun berkurang.


4. Promosi Blog dengan Media Email


Apakah akan bekerja apabila dengan menggunakan email? Ini juga ada kaitannya dengan point no 2 dan 3 tadi, jika orang mempunyai sosial media dan aplikasi chatting, tentu mereka harus mempunyai email dahulu bukan? Dan karena itulah media ini patut anda perhitungkan untuk mempromosikan blog anda.

Bukankah Email jarang dibuka? Tidak, ternyata tidak semua orang jarang membuka emailnya. Bagi beberapa orang, email selalu dicek dan dibuka untuk keperluan tertentu, dan meski jarang dibukapun suatu saat email itu pasti akan dibuka, entah untuk mengganti password sosial media ataupun keperluan tugas sekolah dan pekerjaan.

Dan penting untuk diketahui bagaimana teknik cara membuat email agar tidak dianggap spamming yang nantinya malah masuk ke folder spam dan akhirnya jadi tidak terbaca. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mempelajari ilmu email marketing.


5. Mempromosikan Blog Melalui Forum Online


Forum adalah tempat orang berdiskusi suatu hal, anda bisa mempromosikan blog anda terhadap pembicaraan yang berkaitan dengan tema/topik yang sedang dibacarakan (relevan). Misalnya forum tersebut membahas tips dan trik blogging, anda bisa menaruh backlink sebagai jawaban terhadap orang yang sedang mempertanyakan tentang tips dan trik blog itu sendiri.

Namun penting diketahui, jangan membuatnya seperti berpromosi, melainkan menjawabnya dengan serius, tambahkan kata-kata yang sekiranya dapat menarik perhatian pembaca forum itu. Ada banyak situs forum yang anda dapat coba, seperti kaskus, yahoo answer, dan banyak lainnya yang sekarang bermunculan. Keep up to date.


6. Menggunakan Bentuk File Lain Untuk Berpromosi Blog


Cara ini terbukti sering digunakan oleh banyak internet marketer untuk mempromosikan blog atau situs lainnya seperti online shop. Maksud dari menggunakan bentuk file lain adalah dengan tidak langsung promosi terlebih dahulu, melainkan memberikan orang tersebut suatu nilai kelebihan yang bermanfaat.

Biar saya jelaskan dengan contoh, misalnya anda membuat blog tentang kesehatan, nah anda bisa membuat ebook yang berisi berbagai informasi serta tips dan trik kesehatan yang sangat berguna bagi banyak orang,  dalam bagian terakhir ebook itu bisa anda cantumkan situs atau blog anda dengan menambahkan kata-kata yang bersifat persuasif (mengajak), misalnya

"Ingin tahu lebih banyak tentang tips kesehatan? Di blog kami tersedia berbagai informasi terbaru yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan anda .."

Dan file lain yang bisa anda coba adalah menggunakan video, sama halnya dengan contoh di atas, anda membuat suatu video mengenai informasi yang berguna, dan nanti dalam bagian akhir video anda bisa memberi tahu kepada penonton bahwa untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap bisa mengunjung blog anda tersebut. Dengan video ini, anda pun bisa menggunakan media Youtube karena relevan (bersangkutan) dan memperbesar ruang promosi anda.

Beberapa situs besar yang sering melakukan promosi dengan teknik ini agar dapat lebih banyak konsumen adalah bukalapak dan sribulancer. Untuk bukalapak, mereka membuat video-video menarik dalam channel youtube-nya, sementara sribulancer sering membagikan ebook gratis yang sangat bermanfaat.

7. Teknik Promosi Blog atau Situs dengan Cara Offline


Ada cara lain untuk berpromosi blog anda dengan ampuh, yaitu dengan cara offline. Apa maksudnya? Dalam hal promosi dengan cara offline ada yang tanpa biaya, seperti membicarakannya kepada teman dan saudara anda, dan nanti teman dan saudara anda tersebut akan membagikannya lagi kepada teman dan saudara anda, begitu seterusnya. Hal ini semacam promosi dengan teknik gosip, metode ini istilahnya lebih "Ngena" ke orang banyak.

Dan ada yang menggunakan biaya, diantaranya menggunakan media seperti brosur ataupun pamflet yang sesuai. Memang sedikit ekstrem, tetapi jika memang situs blog anda benar-benar berkualitas bukankah hal ini akan membuat efek baik kepada para calon pengunjung?

Pertama mereka akan mengetahui bahwa ada blog anda, selanjutnya mungkin mereka akan mencoba-coba untuk mengunjungi dan menjadi pembaca setia. Bukan tidak mungkin kok, tetapi tentu saja cara ini hanya opsi untuk anda, bukan suatu kewajiban.

8. Berpromosi Blog Menggunakan Media Dummy Blog


Dummy blog yaitu blog yang dibangun untuk mendukung blog utama anda, karena dengan dummy blog ini kita bisa menyisipkan backlink secara bebas dan mudah. Beberapa platform blogging yang bisa anda gunakan untuk membuat dummy blog yaitu :

  • Blogspot / Blogger
  • Wordpress
  • Weebly
  • Tumblr
  • Webs.com

Blog yang anda buat haruslah relevan dengan blog utama anda, jadi buatlah konten-konten yang memiliki bahasan serupa. Selain itu, pastikan blog dummy anda terus berkembang agar lebih bisa menguatkan promosi utnuk situs blog anda.

9. Menggunakan Media Iklan Lain yang Berbayar


Adapun cara lain berpromosi blog atau situs dengan membutuhkan budget pengeluaran yang tidak sedikit. Cara ini saya anjurkan untuk situs atau blog yang sudah memiliki penghasilan dan pasti akan mendapatkan pendapatan nantinya, kecuali jika anda memang sudah ikhlas mengeluarkan uang.

Yaitu dengan menggunakan media lain yang bisa kita pasangkan iklan, tetapi harus membayar terlebih dahulu, contohnya Google Adwords dan Facebook Ads. Efeknya sebenarnya tidak pasti apakah akan lebih baik atau tidak, tergantung dari bentuk iklan itu sendiri menarik atau tidak, tapi satu hal yang pasti adalah hal ini akan menciptakan semacam brand awareness.

Apa itu Brand Awareness? Yaitu suatu titik di mana orang-orang tahu bahwa ada suatu brand (produk seperti barang atau situs), dan mereka tahu bahwa brand anda tersebut tidak murahan karena menggunakan media yang berbayar. Jadi meski tidak terjadi pengunjungan, tetapi mereka (Para calon pengunjung) akan tahu bahwa ada suatu blog yang patut untuk dikunjungi nantinya pada suatu saat.

Jadi intinya menggunakan media berbayar ini pun belum pasti membuat statistik pengunjung dan pembaca akan lebih tinggi, melainkan membuat image dari blog anda yang tinggi di mata calon konsumen (pengunjung). Blog anda dikenal berkualitas dan tidak main-main. Jadi tidak rugi juga kok, toh kita ibarat membeli sebuah persepsi (suatu pemikiran) yang baik.

Itulah beberapa media yang patut anda coba dan anda gunakan untuk mempromosikan blog agar dapat banyak pengunjung, cara ini sebenarnya tidak hanya untuk berpromsi blog semata, melainkan situs website tertentu, dan yang sering digunakan juga oleh para pebisnis online shop untuk mempromosikan barang dagangannya.

Dan anda harus ingat bahwa tiap media mempunyai teknik tersendiri agar setiap promosi yang dilancarkan sesuai keinginan dan mengenai target. Terima kasih telah membaca artikel "9 Media Ampuh Berpromosi Blog" ini, silahkan komentar, share dan baca artikel Ketik Dunia lainnya juga untuk menambah pengetahuan seputar blogging yang bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar