Tips Untuk Blogger! Gunakan Waktu Luang Anda Untuk Beberapa Hal Berikut Ini

10:59 AM
Tips-Ngeblog-untuk-blogger-pemula
Tips Ngeblog - Sebenarnya aktivitas blogging tidak hanya berkutat tentang menulis dan memposting artikel saja, ada kegiatan lain yang tujuannya bisa lebih mengembangkan blog anda. Karena meski kita sudah mempunyai artikel dalam blog kita, belum ada jaminan blog kita akan bisa bersaing dengan blog kompetitor.

Nah, kali ini Ketik Dunia akan memberikan beberapa tips yang perlu anda lakukan ketika memiliki waktu luang untuk lebih bisa memjukan berbagai faktor yang bisa mendukung blog anda tersebut. Berikut ini tips-tipsnya :


1. Memperkuat Media dan Teknik Promosi


Promosi adalah salah satu hal yang powerfull untuk perkembangan blog anda. Untuk itu, segera perhatikan bagian ini ketika anda mempunyai waktu yang cukup luang. Apa sajakah itu?

Memperkuat Sosial Media


Jika anda menggunakan facebook, maka perbanyaklah teman anda. Jika anda menggunakan Google+ atau Twitter, maka perbanyaklah lingkaran dan follower anda. Usahakan untuk mendapatkan relasi sebanyak-banyaknya, dan sesuai target audiens anda. Dengan beigtu, perkembangan konsumen (pengunjung) blog anda selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Berikut ini sudah saya sampaikan beberapa tips mengenai promosi blog di sosial media yang bisa anda jadikan sebagai salah satu referensi :


Membuat Email List


Apabila anda menggunakan teknik promosi via email, maka tentu saja anda harus memperbanyak alamat-alamat email calon pengunjung blog anda. Beberapa Internet Marketer bilang, alamat email adalah salah satu harta karun yang bisa digali nantinya, karena memang sedikit sulit untuk mendapatkan alamat email yang penggunanya memiliki minat relevan dengan produk kita.


Mempelajari Ilmu Marketing atau Periklanan


Percuma jika anda mendapatkan banyak orang yang menjadi target, tetapi anda tidak tahu cara mengajak mereka untuk mengunjungi situs blog anda dan melihat konten artkelnya. Karena sebab itu, anda perlu mengetahui setidaknya sedikit mengenai ilmu marketing (iklan dan promosi) yang baik.

Salah satu ilmu yang harus anda tahu adalah ilmu copywritting. Inti dari copywritting adalah bagaimana cara menjual dengan kata-kata dalam tulisan, karena anda bergelut dalam dunia blogging yang memang tulisan adalah produk utama anda.


Mencari dan Mencoba Media Lain yang Bisa dijadikan Tempat Promosi


Semakin sering orang melihat iklan anda, maka terciptalah brand awareness. Yakni orang-orang mulai tahu dan ingat mengenai produk anda (produknya adalah artikel dalam situs blog), jadi jika suatu saat orang tersebut membutuhkannya maka kemungkinan besar situs blog anda akan menjadi pilihan alternative bagi mereka nantinya.

Cobalah untuk selalu mencari tahu apa saja media yang memiliki kesempatan untuk dijadikan tempat promosi. Misalnya anda mencari blog orang lain yang kontennya relevan dengan blog anda, lalu coba hubungi sang pemilik untuk menjalin kerja sama seperti kolaborasi artikel atau tukar link dalam artikel atau sidebar (widget). Silahkan baca 9 Media untuk Tempat Promosi Blog yang Ampuh jika anda ingin mengetahui beberapa tempat yang strategis untuk promosi.


2. Memperbaiki Artikel


Jika anda mengurusi semua hal dari blog yang anda saat ini sedang bangun, mulai dari membuat konten, teknik SEO, sampai ke proses promosi, terkadang bisa saja anda terlalu terburu-buru, sehingga anda melupakan apa yang telah anda posting sebelumnya secara keseluruhan.

Ketika anda mempunyai waktu luang, gunakan waktu tersebut untuk sekedar mengecek artikel-artikel yang anda miliki. Karena bisa jadi ada kesalahan dalam penulisan, informasi yang kurang update, link-link yang mati, dan lainnya. Seperti yang saya sudah sebutkan, artikel adalah aset anda, jadi perbaikilah selagi ada kesempatan. Untuk tambahan, disarankan membaca postingan saya sebelumnya mengenai Tips Menulis Artikel yang Nyaman dibaca Pengunjung.


3. Blogwalking


Salah satu cara agar anda selalu update terhadap informasi adalah dengan melakukan blogwalking, yakni mengunjungi situs blog orang lain. Selain itu anda bisa sekalian mencari ide untuk bahan materi artikel anda nanti, anda tinggal mengunjungi blog-blog yang membahas konten yang relevan (berkaitan).


4. Aktiv di Group dan Forum


Selain dengan blogwalking, cara lain agar anda tetap up to date terhadap perkembangan yang ada adalah dengan mengikuti group (untuk Facebook) dan forum. Ada begitu banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan, yaitu :
  • Menjalin relasi antara blogger lain
  • Bisa bertanya sesuatu yang lebih spesifik
  • Melakukan promosi


Tentu tidak hanya sekedar mengikuti, anda tetap harus aktiv. Paling tidak anda bertanya, ikut berkomentar, dan menyimak dengan seksama terhadap postingan atau thread yang ada. Intinya kita harus memanfaatkan group atau froum tersebut semaksimal mungkin, jangan hanya ikut promosi saja karena bisa-bisa anda kena kick (dikeluarkan).


KESIMPULAN TIPS NGEBLOG INI


Inti dari semua pembahasan kali ini adalah anda tidak cukup membuat artikel dan melakukan promosi yang begitu-begitu saja. Anda perlu memikirkan setiap kekuatan dari bagian-bagian yang ada untuk mendukung blog anda, mulai dari kekuatan media promosi, aset (contohnya artikel), ilmu pengetahuan (knowledge) dan personal branding.

Waktu luang yang anda miliki, perlu digunakan lebih baik lagi, jangan hanya digunakan bersantai ria. Sisihkan waktu tersebut untuk mengembangkan blog dengan kegiatan-kegiatan yang sudah saya sebutkan jika anda ingin blog anda lebih maju.

Sekian pembahasan artikel "Tips Blogging - Memanfaatkan Waktu" ini, semoga bermanfaat untuk anda khususnya para blogger pemula, jangan sungkan untuk berkomentar dan juga share artikel ini. Salam hangat Ketik Dunia.
Previous
Next Post »
0 Komentar