5 Tipe Artikel yang Patut Anda Coba Sebagai Blogger Pemula

10:22 AM
tips-menulis-artikel-untuk-pemula
Bentuk atau Tipe Artikel Dalam Dunia Blog - Dalam dunia internet, kita pasti pernah membaca artikel. Beragam informasi anda dapatkan hanya dengan melakukan beberapa klik-klik, bagi beberapa orang, hal ini membuatnya menjadi tertarik untuk menciptakan hal serupa, yaitu konten artikel dalam blog mereka sendiri.

Jika anda tertarik menjadi blogger namun bingung ingin membuat artikel seperti apa, dalam artikel ini saya akan memberikan saran, ada 5 tipe artikel yang patut anda coba untuk buat.


Beberapa tipe artikel ini saya coba urutkan dari tingkat pencariannya paling tinggi ke terendah, namun tentu anda bisa bebas memilih mana yang akan anda coba terlebih dahulu, kalau begitu mari saya jelaskan satu per satu.

1. Tutorial atau Cara Melakukan Sesuatu


Ketika orang bingung melakukan sesuatu, hanya ada 2 pilihannya, yaitu bertanya kepada orang lain atau search di internet. Jika anda mahir atau paham dalam suatu bidang, anda bisa menuliskannya dalam artikel untuk blog anda. Jenis artikel seperti ini yang paling banyak disukai pengunjung karena kebutuhannya yang jelas.

Penting untuk diketahui, jika anda membuat artikel tutorial, pastikan setiap langkah disampaikan dengan detail, sehingga pengunjung puas dan mendapatkan hasil yang diinginkannya. Tambahkan gambar dan berbagai file lain yang dapat mendukung anda menjelaskan suatu cara tersebut.


2. List atau Daftar


Tipe artikel daftar adalah artikel yang berisi kumpulan mengenai topik informasi yang bersangkutan. Pengunjung menyukai jenis artikel seperti ini karena padat dengan apa yang ingin diketahuinya. Berikut ini adalah beberapa contoh headline atau judul artikel dengan gaya list (daftar) :

  • 9 Makanan Sehat Ala Binaragawan
  • Ingin Belajar Ilmu blogging? Ketahui 6 Dasar Ilmu Yang Wajib Anda Tahu
  • Wow! 10 Artis Fenomenal Ini Mampu Menulis Novel

Anda bisa memilih topik sesuai dengan yang anda tahu, jika anda tidak terlalu paham tetapi ingin menyampaikannya dalam artikel, pastikan anda melakukan riset, yaitu anda mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan, lalu rangkum dan buat menjadi tulisan anda sendiri.


3. Tips dan Trik Sesuatu


Lain halnya dengan tutorial yang menjelaskan cara melakukan sesuatu dengan rinci setiap langkah, tips dan trik adalah informasi tambahan bagi orang-orang yang sudah tahu dasar ilmunya tersebut. Tipe artikel ini pun tidak membatasi, sepanjang pembahasan anda fresh dan dapat diterima oleh pengunjung, anda bisa menambahkan apapun di dalamnya.

Anda dapat menulis suatu tips dan trik dengan topik yang khusus untuk orang tertentu seperti tips dan trik programming, atau memilih bahasan umum misalnya tips dan trik kesehatan atau kepribadian diri manusia. Sebelum anda menuliskannya, pastikan anda memahami betul apa yang anda sampaikan.


4. Biografi atau Cerita Inspirasional Seseorang


Semua orang pasti memiliki idolanya masing-masing, entah itu public figure seperti artis atau tokoh politik. Ketika mereka mengidolakan atau penasaran dengan tokoh tersebut, mereka akan mencari informasinya di internet, entah itu tanggal lahir, perjalanan karir, atau pencapaian yang tokoh tersebut raih. Nah, anda dapat menulis biografi mereka ke dalam blog anda. 

Selain biografi, anda juga dapat menulis cerita inspirasional kehidupan seseorang, biasanya artikel seperti ini termasuk ke dalam kategori lifestyle atau motivasi diri. Kelebihan dari cerita inspirasional ini adalah anda tidak perlu memilih tokoh yang sangat populer, karena dalam hal ini anda akan mengedepankan nilai positif dalam cerita atau kisahnya.


5. Review Produk


Zaman sekarang dunia bisnis semakin melejit dengan adanya online shopping (belanja online), karena itulah berbagai produk baru selalu bermunculan setiap waktunya. Banyak orang yang akan mencari info tentang suatu produk sebelum mereka membelinya, hal ini bisa anda manfaatkan untuk menulis review produk tersebut.

Berdasarkan analisa saya, berikut ini beberapa produk yang sering dicari informasinya, dan juga sering dibuat review oleh blogger-blogger kebanyakan, saya urutkan dari pencarian paling tinggi, yaitu :
  1. Produk gadget seperti hardware komputer, laptop dan smartphone.
  2. Produk hiburan seperti film, musik, buku dan game.
  3. Produk fashion seperti pakaian, aksesoris dan alat make up.
  4. Produk makanan dan minuman.

Berbagai produk diatas bisa anda gunakan sebagai patokan, tentu anda dapat membuat review produk lain sesuai keinginan anda agar lebih leluasa. Pastikan anda menambahkan gambar, serta memberikan informasi sedetail-detailnya.


Itulah beberapa tipe artikel yang bisa dicoba untuk anda para blogger khususnya yang pemula dan masih awam dalam pembuatan konten, tipe-tipe tersebut saya pilih karena saya pikir anda tidak asing dengan jenis konten seperti ini, sehingga anda mempunyai gambaran. Jika anda mempunyai opini mengenai tipe artikel yang cocok untuk pemula, silahkan cantumkan dalam komentar, mari saling berbagi.
Previous
Next Post »
0 Komentar