7 Tips Cara Agar Semangat Menulis Artikel Blog

12:31 PM
cara-semangat-menulis-artikel-blog
7 Langkah Semangat Membuat Artikel - Bagi seseorang yang pekerjaanya membutuhkan produktivitas yang tinggi, tentu harus memiliki semangat yang lebih dari biasanya agar selalu memberi hasil pekerjaan yang memuaskan, begitu juga dengan seorang blogger.

Salah satu masalah internal yang dihadapi seorang blogger adalah rasa malas yang menghampiri, khususnya ketika membuat konten atau menulis artikel. Hal ini memang wajar ketika diri kita sudah jenuh terhadap suatu hal, pikiran menjadi tidak fokus dan mulai mencari pengalihan diri.

Tetapi tahukah anda bahwa ada cara mengatasi rasa malas tersebut? Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai 7 tips yang anda bisa praktekan agar anda lebih bersemangat menulis artikel dan menjadi lebih produktif kembali. Mari mulai dari tips yang pertama.

1. Refreshing Sejenak dari Aktivitas Menulis


Ada kalanya anda terlalu monoton dalam aktivitas menulis berbagai artikel, hal ini membuat anda jenuh terhadap segala hal mengenai penulisan, bahkan sampai malas melihat monitor.

Cobalah untuk rehat sejenak dengan melakukan kegiatan lain yang dapat menyegarkan pikiran anda, contohnya  mulai dari olahraga, menonton program TV atau film favorit, bermain game, atau pergi keluar bersama orang penting anda.

Namun hal yang harus anda ingat adalah mengatur kapasitas dari kegiatan refreshing itu sendiri, jangan sampai anda malah terbuai dan menjadi enggan untuk menulis kembali nantinya.


2. Ingat Kembali Tujuan Anda Membangun Sebuah Blog


Jika anda mulai merasa malas menulis, mungkin anda lupa akan tujuan anda membuat sebuah blog sebelumnya. Kita pasti mempunyai tujuan ketika membangun sebuah blog, mungkin diantaranya ingin mendapatkan uang, ingin berbagi ilmu dan pengalaman, atau mungkin juga ingin menjadi terkenal. Itu hanya contoh besarnya.

Apapun tujuan anda, harap pegang mimpi tersebut, jadikan panutan agar anda selalu berusaha dan semakin semangat untuk menggapainya. Dengan ini, anda tidak akan mempermasalahkan dengan berat apapun rintangan yang ada di depan anda. Saya pun yakin anda dapat melakukannya.


3. Cari dan Baca serta Lihat Kisah-Kisah Blogger Sukses


Jika anda masih belum memiliki motivasi agar lebih semangat, cobalah untuk mencari informasi mengenai biografi para blogger sukses. Anda dapat mengetahui kisahnya dalam suatu artikel, di suatu situs video seperti youtube, atau anda bisa langsung bertanya kepada orangnya. Dengan begitu anda akan tersadar, bahwa jika anda ingin menggapai sesuatu, diperlukan usaha yang tidak kecil.


4. Ketahuilah Menjadi Blogger Mempunyai Banyak Manfaat


Ketahuilah bahwa uang bukan satu-satunya hal yang anda dapat dari kegiatan blogging. Mungkin anda tidak menyadari hal ini, bahwa ada begitu banyak manfaat yang anda dapatkan di dalamnya, mulai dari melatih kemampuan menulis, mendapatkan relasi dan komunitas, juga banyak hal  lainnya. Untuk lebih lengkapnya, hal ini pernah saya tulis dalam artikel 5 manfaat menjadi blogger yang saya posting sebelumnya.


5. Ganti Suasana Saat Menulis Artikel


Mungkin suasana di tempat anda menulis artikel sekarang terasa monoton dan membosankan, hal itu juga akan membuat anda merasa malas untuk menulis. Kalau sudah begitu, anda bisa berganti suasana dengan yang lebih berbeda dari sebelumnya. Anda dapat melakukan hal-hal sederhana berikut ini :
  • Menulis di tempat yang sejuk atau pemandangan yang menenangkan.
  • Putar lagu yang dapat membuat anda fokus.
  • Siapkan cemilan untuk teman menulis.
  • Merombak tempat yang sering anda gunakan menulis, contohnya kamar anda, agar ruangan menjadi terasa berbeda dari sebelumnya.



6. Buat Draft Untuk Menulis Nanti


Jika anda memang sudah terlalu lelah untuk menulis artikel karena kesibukan lain, anda bisa membuat draft atau kerangka artikel untuk anda lanjutkan nanti ketika mempunyai waktu luang menulis. Catat ide-ide yang anda ingin tulis, sehingga ketika sudah waktunya tiba, anda tidak harus memulainya dari awal, dengan begini akan lebih efisien waktu bukan?


7. Atur Jadwal dan Target


Memang benar jika yang mempunyai blog adalah diri kita sendiri, kita bebas menulis artikel kapanpun kita mau, toh kita adalah bossnya. Tetapi sadarkah anda hal ini justru akan mematikan produktivitas blogging anda. Saya sarankan anda untuk mengatur jadwal layaknya pekerja dengan jam kerjanya.

Selain itu, tentukan target pencapaian yang ingin anda raih setiap harinya. Misalnya dalam sehari, anda ingin menyelesaikan 3 artikel. Maka, hal ini akan membuat anda lebih sadar diri ketika tidak menulis, ada perasaan berhutang dalam diri anda.

Intinya, jadwal dan target ini akan membuat anda lebih disiplin dan memanfaatkan waktu yang ada dengan kegiatan yang lebih produktif. Hal ini juga akan melatih diri anda untuk senantiasa bergerak untuk memajukan blog yang anda bangun.

Itulah 7 cara ampuh yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kembali semangat anda dalam membuat artikel blog. Setelah anda membaca pembahasan ini, saya harap anda langsung mempraktekannya dan merasakan manfaatnya.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Cara Semangat Mengulis Artikel Blog ini, semoga bermanfaat, jika anda mempunyai cara yang lebih ampuh dalam meningkatkan semangat membuat konten blog, silahkan cantumkan dalam kolom komentar, mari saling berbagi. Salam Ketik Dunia.
Previous
Next Post »

5 comments

  1. Tips cara semangat mengulis artikel Blog ini bermanfaat sekali buat saya yang sering stuck kalo ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul gan, saya juga sering menggunakan cara-cara ini buat semangat membuat konten blog .. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  2. mas saya pernah puter lagu saat buat artikel tapi malah artikelnya gak nyambung karena lagu yang saya dengar lagu galau haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalau itu saya juga malah pengen rebahan + stalking mantan :v maaf baru dibales gan

      Delete